Soal Tudingan Jokowi Tak Bisa Kerja, Luhut-Prabowo Buka Suara

Politik1257 views

Inionline.id – Soal tuduhan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) yang mengkritik kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dianggap tak bisa bekerja, sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) buka suara.

Ahok pernah menjadi wakil Jokowi di DKI Jakarta untuk periode 2012-2017

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang juga calon presiden buka suara.

Dalam konferensi persnya pada Rabu (7/2), Luhut mengatakan orang yang menuding Jokowi tak bisa bekerja adalah individu bermasalah.

Dia lantas membeberkan keberhasilan pemerintah Jokowi menyelenggarakan F1 Powerboat (F1h20) dan Aquabike Jetski World Championship 2023 di Danau Toba, Sumatra Utara.

Tahun ini, Indonesia akan kembali menjadi tuan rumah F1 Powerboat di lokasi yang sama.

“Saya kira orang Batak tak pernah membayangkan, maaf kalau saya straight forward, bahwa akan terjadi seperti ini di tanah Batak,” ujar Luhut di Kemenko Marves.

Luhut lalu mengatakan pagelaran olahraga itu terjadi di bawah kepemimpinan Jokowi.

“Jadi kalau ada orang yang bilang Pak Jokowi enggak bisa kerja, lihat ini dengan kepalanya ini,” imbuh dia.

Namun, Luhut tak memberikan lebih rinci orang yang dia maksud.

Prabowo sementara itu, punya penilaian sendiri. Dia mengatakan orang yang menuding Jokowi tak bisa bekerja harus memeriksakan otak.

“Kalau ada yang mengatakan beliau (Jokowi) tidak bisa kerja itu orangnya saya kira ya otaknya perlu diperiksa itu,” kata Prabowo saat hadiri kegiatan Konser Indonesia Maju diKabupaten Deli Serdang, Sumatra Utara.

Setelah bergabung dengan kabinet Jokowi, Prabowo mengaku dirinya melihat langsung kerja keras presiden RI itu untuk kemajuan Indonesia.

“Saya melihat dari dekat saya menjadi saksi, saya mengatakan pak Jokowi orang yang sangat sangat bekerja keras untuk rakyat Indonesia. Luar biasa saudara-saudara,” ungkap dia.

Prabowo juga tak secara rinci menyebut nama orang yang dimaksud.

Belakangan ini, Ahok menjadi sorotan usai mengkritik kinerja Jokowi.

Ucapan Ahok terekam dalam potongan video yang beredar di media sosial TikTok.

Video itu menampilkan Ahok tengah berdiskusi dengan seorang perempuan yang mengaku akan memilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming di Pilpres 2024.

Gibran merupakan Wali Kota Solo sekaligus anak sulung Jokowi.

“Sekarang saya mau tanya, di mana ada bukti Gibran bisa kerja selama wali kota?” kata Ahok dalam potongan video tersebut.

Dia khawatir jika Prabowo-Gibran terpilih. Ahok memandang karakter seseorang terlihat saat berada di dalam kekuasaan.

Dia juga menyinggung Jokowi. Menurut Ahok kinerja dia sebagai presiden bisa diperdebatkan.

“Terus ibu kira Pak Jokowi juga bisa kerja? Kita bisa berdebat itu, Saya lebih tahu, makanya saya enggak enak ngomong depan umum,” ujar dia.