Saat HUT ke-51 PDIP, Jokowi Lawatan ke Vietnam, Filipina, dan Brunei

Politik457 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) kunjungan kerja ke tiga negara ASEAN bertepatan pada puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-51 PDIP pada 10 Januari 2024. Ia dijadwalkan lawatan ke Vietnam, Filipina, dan Brunei Darussalam.

“Pada tanggal 9 sampai dengan 14 Januari 2024, Presiden diagendakan kunjungan ke tiga negara,” kata Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, Senin (8/1).

Ari menuturkan kunjungan kerja itu dipersiapkan sejak berbulan-bulan lalu. Menurutnya, agenda kunjungan itu untuk mempererat hubungan persahabatan dan kerja sama tiga negara dengan Indonesia.

Ia pun mengatakan sampai saat ini Jokowi belum menerima undangan untuk datang ke acara peringatan HUT PDIP.

“Seperti yang disampaikan Bapak Presiden tadi pagi, sampai saat ini, Presiden belum menerima undangan untuk menghadiri HUT ke 51 PDIP,” ucapnya.

Ari menyebut Jokowi akan berangkat pada Selasa (9/1) sore. Pada Selasa pagi, Jokowi masih harus memimpin sidang kabinet paripurna.

Terpisah, Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat menilai Jokowi tidak akan datang meskipun diundang ke acara HUT.

Ia mengatakan PDIP telah mendapatkan informasi bahwa Jokowi bakal ke luar negeri pada hari yang sama dengan puncak peringatan ulang tahun partai banteng. Namun, ia enggan menjawab secara pasti apakah PDIP tetap memberikan undangan acara atau tidak.

Djarot melanjutkan agenda puncak perayaan ulang tahun PDIP diselenggarakan dengan sederhana. Acara tersebut juga bakal dilakukan serentak mulai dari tingkat ranting hingga pusat.