Beijing Buka Suara Perihal Israel Klaim Hamas Pakai Senjata dari China

Internasional1257 views

Inionline.id – Militer Israel sempat mengklaim Hamas menggunakan banyak senjata buatan China untuk melawan pasukan pertahanan Israel (IDF) di Jalur Gaza pada Desember tahun lalu.

Beijing kemudian menanggapi klaim yang berasal dari investigasi pihak Israel tersebut.

Juru Bicara Menteri Pertahanan China Wu Qian membantah tuduhan yang dilontarkan Israel bahwa seolah Beijing memasok senjata untuk Hamas.

“China selalu menerapkan kehati-hatian dan bertanggung jawab dalam ekspor senjata,” ujar Wu Qian seperti dikutip dari Reuters.

Wu Qian menjawab pertanyaan wartawan pada jumpa pers bulanan di Beijing mengenai laporan bahwa terdapat banyak senjata buatan China.

Sebelumnya, televisi Israel Channel 12 seperti dikutip dari the Times of Israel melaporkan pada 30 Desember 2023 bahwa tentara IDF mendapati sejumlah besar senjata produksi China yang digunakan Hamas di Gaza.

Sumber Times of Israel yang tak ingin diungkap identitasnya menyebutkan bahwa para pemimpin politik Tel Aviv telah diperlihatkan contoh senjata dari China yang ditemukan di Gaza.

Televisi itu kemudian menarasikan bahwa tidak ada yang mengira bahwa senjata-senjata tersebut dikirim melalui kapal China.

Israel menduga bahwa ini bukan penyelundupan skala kecil, melainkan pengiriman yang terencana dengan rapi karena jumlahnya yang sangat banyak.