Ganjar Mau Ajak Pedagang Pasar Melek Digital, Berkaca dari Ojek Online

Politik757 views

Inionline.id – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo ingin mengajari para pedagang pasar tradisional berdagang via internet atau dalam jaringan (daring).

Dia bicara demikian saat menampung aspirasi para pedagang Pasar Kranggan, Bekasi, Sabtu (16/12). Ganjar ingin memberi solusi agar para pedagang konvensional tidak merasa dirugikan seiring hadirnya e-commerce.

“Ada dua cara, yang pertama para penjual tradisional juga akan kita ajari cara jualan dagang digital online ya. Nanti kita ajari juga, nanti kita ada pelatihan,” kata Ganjar mengutip Antara.

Jika terpilih sebagai presiden, Ganjar akan mengatur bagaimana kehadiran e-commerce tidak mematikan usaha pedagang konvensional, tapi justru bisa saling berkolaborasi.

“Maka dengan cara itu, semua bisa mendapatkan untung. Kita akan saling latihan agar kita sama-sama bisa maju,” ucapnya.

Menurutnya, fenomena ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, ojek online juga sempat membuat ojek konvensional merasa dirugikan.

Berkaca dari itu, Ganjar ingin para pedagang juga turut mengikuti perkembangan zaman.

“Nah ini nanti yang kita akan pikirkan, kita akan bahas bersama, diatur bersama-sama. Sehingga nanti masyarakat, para pedagang juga tidak rugi. Tapi juga semua harus belajar mengikuti perkembangan zaman ya. Nanti kita atur,” katanya.

Saat mengunjungi pasar Kranggan, Ganjar didampingi Ketua Umum Partai Perindo, Hary Tanoesoedibjo. Kehadiran dua tokoh itu disambut meriah oleh masyarakat dan pedagang setempat.

Dalam kesempatan itu, Ganjar berharap pemerintah dapat menjaga kestabilan harga pangan sehingga saat menghadapi natal dan tahun baru tetap stabil.

“Mudah-mudahan kebutuhan pasokannya lancar dan mudah-mudahan nanti banyak yang belanja ke sini,” ucapnya.