Soal Program Rice Cooker Gratis, Cosmos Klaim Sudah Diverifikasi ESDM

Internasional757 views

Inionline.id – Cosmos mengklaim sudah dikunjungi dan diverifikasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terkait rencana program bagi-bagi rice cooker gratis yang akan dijalankan pemerintah.

“Kami (Cosmos) sudah di-visit dan diverifikasi oleh tim ESDM. Sudah terverifikasi,” kata Presiden Direktur PT Star Cosmos Dharma Surjaputra kepada CNNIndonesia.com, Selasa (28/11).

Meski sudah diverifikasi, Cosmos tidak bisa langsung menjadi penyedia rice cooker untuk program tersebut. Dharma menjelaskan Cosmos harus ikut proses tender di  e-katalog yang dikembangkan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP).

Dari sisi peserta, ia menyebut Cosmos masuk dalam sistem tersebut, tetapi tidak sendirian.

Ia mengatakan Cosmos bekerja sama dengan pihak distributor dalam urusan tender alat masak berbasis listrik (AML) tersebut. Dharma mengatakan kesepakatan soal harga juga terjadi antara pemerintah dengan distributor.

“Dari sisi produsen menunggu purchase order (PO) turun dari pemerintah. Jadi, prosesnya tender harga dulu. Kalau sudah masuk, baru diturunkan PO-nya,” jelas Dharma.

“Deal harga dengan distributor, kami belum tahu (deal harganya berapa). Kita support barang saja,” tandasnya.

Pemerintah berencana membagikan 500 ribu rice cooker gratis ke masyarakat pada November ini.  Menteri ESDM Arifin Tasrif menjanjikan pembagian rice cooker gratis bisa dimulai pada pekan keempat November 2023. Itu disampaikan langsung Arifin di hadapan para wakil rakyat.

Ia mengatakan daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) sudah terbit dan sedang dalam proses tender.

“Diharapkan dapat dilaksanakan pada minggu keempat November 2023 sehingga distribusi dapat segera dilaksanakan sampai dengan pertengahan Desember 2023,” katanya dalam raker dengan Komisi VII DPR RI di Jakarta Pusat, Selasa (21/11).

Tapi, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jisman Parada Hutajulu memberikan kabar terbaru bahwa proses pembagian 500 ribu rice cooker gratis itu gagal dilakukan bulan ini.

Jisman menyebut pembagian AML gratis masih dalam proses pengadaan via e-katalog LKPP. Kendati, ia tidak merinci apa kendala yang terjadi dalam proses pengadaan rice cooker gratis tersebut.

“Ya (batal dibagikan November 2023 dan mundur ke Desember 2023),” ucapnya saat dikonfirmasi hari ini.

“Sedang proses, akan kami undang dalam konferensi pers saat pengiriman pertama (rice cooker gratis). Masih pengadaan, saatnya (pembagian pertama AML) diinformasikan,” sambung Jisman.