Tingkatkan Kunjungan Wisatawan di Kota Bogor, Disparbud Gandeng PWI

Antar Daerah1457 views

BOGOR, Inionline.id – Guna meningkatkan kunjungan wisatawan di Kota Bogor, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor menggandeng Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Bogor dalam menunjang promosi potensi kepariwisataan yang ada di Kota Bogor.

Untuk memantapkan program pengembangan pemasaran pariwisata dilaksanakan rapat koordinasi bidang media kepariwisataan di Balairung Rizen Padjajaran Hotel, Kecamatan Bogor Timur.

Dengan mengangkat tema ‘Menjaga Warisan Demi Memuliakan Peradaban’ acara ini dibuka oleh Staf Ahli Walikota Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Dadang Sugiarta.

Rakor ini dihadiri Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor Akhmad Saeful Bakhri, Sekretaris Komisi IV DPRD Devie Prihartini Sultani, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti, Kepala Disparbud Kota Bogor Iceu Pujiati beserta jajarannya serta puluhan awak media.

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam rakor tersebut, Sekretaris Komisi IV DPRD Devie Prihartini Sultani, Ketua PWI Kota Bogor Arihta Utama Surbakti dan wartawan senior Bogor Rifki Setiadi.

Dalam sambutannya, Ketua Komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri mengapresiasi langkah yang diambil Disparbud Kota Bogor dengan menggelar rakor bersama media.

“Saya apresiasi langkah dari pihak Disparbud dengan mengadakan rakor ini. Hal Ini indikator awal bahwa hanya Disparbud yang berani tampil beda, yang menjalin sinergitas dengan teman media,” ucap Gus M sapaan akrabnya, Senin (27/11/2023).

Menurut Gus M, kegiatan ini bukan hanya sebatas rapat koordinasi saja, akan tetapi harus menjadi ajang atau ruang pemaparan pihak organisasi perangkat daerah (OPD) terkait capaian-capaian yang sudah dilaksanakan.

“Saya sangat bahagia, ketika teman-teman media sudah satu frekuensi dengan Disparbud Kota Bogor, karena seperti kita ketahui bahwa Disparbud penghasil tertinggi untuk PAD, tetapi tidak diimbangi dengan anggaran yang didapatnya,” tandasnya.

Sementara Kadisparbud Kota Bogor, Iceu Pujiati menyebut bahwa rakor bersama media adalah bentuk ikhtiar untuk lebih mempererat dan mengharmonisasikan hubungan antara Disparbud dengan media.

“Saya berharap rakor media ini akan jadi agenda rutin atau berkelanjutan setiap tahun, apalagi media mitra kerja bagi kami,” tegasnya.

Iceu menekankan selain untuk memperkuat sinergitas bersama awak media, rakor juga menjadi ajang untuk berdiskusi, bertukar pikiran supaya menghasilkan program yang inovatif dan kreatif kedepannya.

“Terutama meningkatkan dukungan promosi dan publikasi yang dimiliki Disparbud dalam hal pariwisata dengan berkolaborasi bersama media,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Ketua PWI Kota Bogor, Arihta Utama Surbakti mengapresiasi terselenggaranya rakor bersama media di Kota Bogor mulai dari cetak, online maupun elektronik.

Kang Arie sapaan akrabnya berharap sinergitas antara OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bogor bersama media bisa terus berlanjut dan berjalan dengan baik.

“Semoga sinergitas antara lembaga kedinasan di Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor seperti Disparbud bersama awak media bisa menjadi contoh bagi dinas lainnya, untuk mempererat hubungan yang lebih baik kedepan,” kata Arie.

“Ironi jika bidang pariwisata digenjot untuk terus meningkat, baik secara nasional maupun lokal, tetapi support anggaran di tingkat eksekusi sangat kecil. Ironi juga jika media berhasil mengeksplore beragam destinasi wisata, termasuk hidden gem, tetapi support para pelaku industri wisata terhadap media tidak maksimal. Padahal pariwisata harus dikerjakan dari hulu hingga ke hilir,” Rifki Setiadi menambahkan.