Setelah Pegang 9 Benda Ini Jangan Lupa Cuci Tangan

Iptek957 views

Inionline.id – Covid-19 sudah mereda tapi kebiasaan cuci tangan tidak boleh hilang. Lantas, kapan harus cuci tangan? Sebaiknya setelah Anda memegang benda-benda ini.

Tangan sangat berpotensi jadi ‘alat transportasi’ kuman sehingga bisa memicu infeksi. Melansir dari Healthline, sangat dianjurkan cuci tangan dengan benar selama setidaknya 20 detik agar kuman hilang.

Proses cuci tangan yang buru-buru bisa memicu kontaminasi silang dan peningkatan penyakit.

Kemudian yang jadi pertanyaan, kalau Covid-19 sudah mereda, kapan harus cuci tangan? Anda wajib cuci tangan setelah bersentuhan dengan benda-benda berikut.

1. Uang

Pastikan cuci tangan sesegera mungkin setelah memegang uang. Melansir dari The Healthy, peneliti menguji uang kertas US$1 dari bank di New York City dan menemukan ratusan mikroorganisme termasuk bakteri mulut dan vagina, serta virus dan DNA hewan peliharaan.

2. Gagang pintu

Jangan lupa cuci tangan setelah menyentuh gagang pintu. Katy Burris, dokter kulit di New York City, berkata salah satu momen penting cuci tangan adalah setelah naik transportasi umum.

Pengalaman naik transportasi umum membuat Anda bersentuhan dengan pegangan tangan di eskalator, tiang kereta, pegangan di angkot sampai gagang pintu toilet.

3. Buku menu restoran

Anda selalu diingatkan untuk cuci tangan sebelum makan. Tanpa disadari, lembar atau buku menu di restoran menyimpan banyak kuman. Peneliti di Universitas Arizona menemukan ada sekitar 185 ribu bakteri di menu restoran.

4. Layar sentuh

Apa pun yang Anda butuhkan, kini tinggal sentuh layar. Anda bayar belanjaan di supermarket, cukup sentuh layar. Memesan makanan di restoran cepat saji pun tinggal sentuh layar. Ingat, kuman ada di mana-mana termasuk layar yang Anda sentuh.

5. Apa pun di ruangan dokter

Pasien datang silih berganti membuat ruangan dokter menampung kuman sangat banyak. Salah satu benda paling kotor di ruangan dokter adalah pena. Di benda sekecil ini, ada 46 ribu lebih banyak kuman dibanding dudukan toilet.

6. Hewan apa pun

Tidak semua orang mencuci tangan setelah memegang hewan termasuk hewan peliharaan. Padahal cuci tangan penting dilakukan setelah menyentuh hewan meski hewan peliharaan yang dianggap bersih sekalipun.

7. Talenan dan spons cuci piring

Salah satu sudut rumah yang penuh kuman adalah dapur. Kuman bisa menyebar lewat bahan makanan mentah dan peralatan termasuk talenan dan spons cuci piring.

Talenan banyak ‘menangani’ daging mentah. Sementara itu, riset menemukan ada 326 spesies bakteri berbeda di spons dapur bekas. Sebaiknya spons diganti secara berkala.

8. Pulpen pinjaman

Mencatat manual masih jadi opsi meski sudah ada fasilitas pencatat di ponsel. Jika Anda memakai pena pinjaman, sebaiknya langsung cuci tangan. Kuman di bolpoin, menurut studi, 10 kali lebih banyak ketimbang dudukan toilet.

9. Wadah sabun

Wadah sabun termasuk botol dengan pompa merupakan surganya kuman. Riset dari Universitas Arizona menemukan dispenser sabun isi ulang banyak sekali mengandung kuman.