Pada 2024 Mendatang Kemenkes Baru akan Sebar Nyamuk Wolbachia di Jakbar dan Bandung

Antar Daerah1357 views

Inionline.id – Pada 2024 mendatang Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyatakan akan menyebar nyamuk wolbachia di Jakarta Barat, DKI Jakarta dan Bandung, Jawa Barat.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyebut pihaknya telah menyebar nyamuk wolbachia  di tiga kota yakni Semarang, Jawa Tengah; Bontang, Kalimantan Timur; dan Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

“Sudah ada sosialisasi di Kupang, Semarang dan Bontang. Jadi tiga kota yang sudah launching dan sudah sosialisasi dilakukan bertahap penyebaran wolbachia-nya. Yang lain 2024,” kata Nadia, Rabu (22/11).

Penyebaran nyamuk wolbachia di Kupang, Semarang dan Bontang dilakukan secara bertahap per rukun tetangga (RT) atau rukun warga (RW).

Nadia menyampaikan pemerintah daerah (Pemda) yang wilayahnya menjadi lokasi penyebaran nyamuk wolbachia untuk menekan penyakit deman berdarah dengue (DBD) terus melakukan sosialisasi.

“Pemda melalui kader ataupun Puskesmas melakukan sosialisasi terkait pemahaman penggunaan teknologi ini,” ujarnya.

Kemenkes menyebar nyamuk wolbachia untuk menekan penyakit DBD di lima kota Indonesia yakni Jakarta Barat, Bandung, Semarang, Bontang, dan Kupang.

Hal itu sesuai dengan Surat Keputusan Menteri kesehatan RI Nomor 1341 tentang Penyelenggaraan Pilot Project Implementasi Wolbachia sebagai Inovasi Penanggulangan Dengue.

Kemenkes mengungkapkan teknologi wolbachia untuk menurunkan penyebaran DBD sudah terbukti di sembilan negara.

Negara yang dimaksud adalah Brasil, Australia, Vietnam, Fiji, Vanuatu, Meksico, Kiribati, Kaledonia Baru, dan Sri Lanka. Oleh sebab itu, teknologi Wolbachia juga diterapkan di Indonesia.