Ini 7 Penyebab Hp Tiba-tiba Mati Total dan Tidak Bisa Dicas Sama Sekali

Iptek957 views

Inionline.id – Seiring waktu, perangkat elektronik seperti handphone (hp) akan rentan mengalami masalah. Salah satu permasalahan yang terjadi adalah hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas sama sekali.

Hp yang tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor, mulai dari masalah pada komponen fisik (hardware) hingga berkaitan dengan sistem operasi maupun aplikasinya (software).

Dilansir dari laman Android SRC, berikut penyebab kenapa hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa diisi daya sama sekali.

1. Kerusakan pada baterai 

Baterai rusak umumnya menjadi penyebab kenapa hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas. Terdapat beberapa hal yang menyebabkan baterai mengalami kerusakan.

Selain faktor usia, kebiasaan buruk seperti hp yang tetap digunakan saat dicas juga menjadi penyebab baterai tidak bisa awet atau cepat aus.

2. Overheat

Semakin banyak aplikasi yang dijejalkan akan membuat hp bekerja makin berat, terlebih lagi jika aplikasi tersebut memakan banyak memori. Penggunaan aplikasi berat dalam jangka waktu yang lama akan menimbulkan panas berlebih pada ponsel.

Jika dilakukan terus-menerus, maka akan menyebabkan overheat dan membuat HP mati total. Kondisi ini dipercepat dengan perilaku buruk dari pengguna, seperti tetap bermain game meski hp sedang dicas.

3. Terkena air

Air merupakan musuh bagi alat elektronik, tak terkecuali hp. Meski, beberapa ponsel saat ini sudah dibekali kemampuan tahan air tapi tetap saja ada batasannya.

Air yang masuk ke dalam hp akan bereaksi dengan aliran listrik dan menyebabkan kerusakan pada komponen serta memicu korsleting. Jika sudah demikian, hp bisa mati total dan tak bisa dinyalakan.

4. Jatuh

Selain cairan, komponen yang terdapat di dalam HP juga cukup rentan terhadap benturan. Benturan yang cukup keras bisa merusak layar, LCD, ataupun konektor.

Bahkan tidak menutup kemungkinan benturan yang cukup keras bisa memicu terjadinya arus pendek yang menyebabkan hp tiba-tiba mati total.

5. Konektor baterai rusak

Rusaknya konektor baterai menjadi penyebab hp tidak bisa dicas. Pasalnya, konektor baterai inilah yang menjadi jembatan untuk menghubungkan arus listrik dari charger ke baterai.

Rusaknya konektor baterai sering terjadi lantaran gonta-ganti charger atau menggunakan charger yang tidak ori.

6. IC power rusak

Untuk bisa mendistribusikan arus listrik yang terdapat pada baterai ke seluruh komponen yang terdapat di ponsel, diperlukan sebuah komponen yang bernama IC power.

Saat IC power mengalami kerusakan, akan membuat terputusnya aliran listrik yang ada di dalam sebuah baterai sehingga membuat hp mati total. Kerusakan pada IC power tergolong sebagai kerusakan berat.

7. Faktor usia

Setiap perangkat elektronik memiliki batasan usia pakai. Jika sudah melebihi batas usia pakai, maka komponen di dalamnya akan mengalami kerusakan. Kerusakan pada komponen hp inilah yang bisa membuat hp mati total dan tidak bisa dicas sama sekali.

Untuk mencegah hp tiba-tiba mati total dan tidak bisa dicas, pemilik harus bisa memperlakukan gawai tersebut dengan baik.

Selain menggunakan hp sewajarnya, alangkah baiknya jika pemilik juga tidak menggunakan hp pada saat dilakukan pengecasan untuk mencegah risiko overheat yang menyebabkan hp mati total.