Berikut Ini Bahaya Menghirup Gas Helium

Kesehatan157 views

Inionline.id – Belum lama ini, seorang mahasiswa Universitas Airlangga ditemukan tak bernyawa di dalam sebuah mobil. Ia diduga meninggal bunuh diri karena menghirup helium.

Dari kasus ini, kita tampaknya perlu tahu bahaya menghirup gas helium.

Helium pada dasarnya adalah gas ringan yang biasa ditemukan pada balon. Meski bersifat ringan, namun bukan berarti gas satu ini tak berakibat fatal.

Mengutip Healthline, helium yang terhirup akan menggantikan oksigen. Artinya, saat menarik napas, Anda hanya akan mendapatkan helium, bukan oksigen yang sebenarnya dibutuhkan tubuh.

Padahal, oksigen punya peran penting dalam setiap fungsi tubuh. Tanpa adanya oksigen yang cukup, deretan risiko bisa mengintai.

Bahaya menghirup gas helium

Ada banyak sumber gas helium yang bisa membuat tubuh terpapar. Bahaya menghirup gas helium dari masing-masing sumber juga bisa berbeda. Berikut di antaranya.

1. Menghirup gas helium dari balon

Biasanya, menghirup helium dari balon akan memberikan efek perubahan suara yang lebih melengking.

Selain itu, paparan helium juga akan menimbulkan pusing, mual, dan sakit kepala ringan.

Pada umumnya, menghirup helium dari balon tak menimbulkan masalah yang fatal. Namun demikian, beberapa kasus juga mencatat korban yang meninggal dunia akibat sesak napas setelah menghirup helium dari balon.

2. Menghirup gas helium dari sumber lain

Mayoritas masalah fatal muncul akibat menghirup helium dari tabung atau tangki bertekanan. Tangki ini biasa digunakan untuk mengisi udara di balon helium.

Tak cuma menampung lebih banyak helium, tapi tabung juga bisa melepaskan gas tersebut dengan kekuatan yang jauh lebih besar.

Semakin banyak helium murni yang dihirup, semakin lama tubuh tanpa oksigen. Menghirup helium murni dapat menyebabkan kematian karena sesak napas hanya dalam hitungan menit.

Menghirup helium dari tabung juga dapat memicu emboli gas atau udara, yakni gelembung yang terperangkap di dalam pembuluh darah sehingga memicu penyumbatan. Akibatnya, pembuluh darah bisa pecah.

Selain itu, helium juga bisa masuk ke dalam paru-paru dengan kekuatan yang besar. Kondisi ini bisa membuat paru-paru pecah seketika.

Apa yang harus dilakukan saat menghirup helium?

Sebagaimana telah dijelaskan di atas, menghirup helium dari balon mungkin tak akan memicu kondisi yang fatal. Jika Anda merasa pusing atau sakit kepala ringan, maka yang harus dilakukan adalah duduk dan bernapas dengan normal.

Namun jika gejala lebih parah, Anda perlu mendapatkan penanganan yang lebih lanjut ke fasilitas kesehatan terdekat.

Waspadai beberapa gejala yang menandakan masalah serius akibat menghirup helium. Minta pertolongan jika mengalami beberapa gejala berikut:

– tekanan darah rendah,
– sulit bernapas,
– detak jantung tidak teratur,
– penglihatan kabur,
– nyeri dada,
– kelemahan atau kelumpuhan pada satu atau lebih anggota tubuh,
– bibir atau kulit kebiruan,
– batuk darah,
– kejang,
– penurunan kesadaran.

Demikian penjelasan mengenai bahaya menghirup gas helium yang perlu diwaspadai.