Strategi Katak Betina Hindari Jantan Agresif dengan Pura-pura Mati

Iptek1057 views

Inionline.id – Para peneliti menemukan katak betina sering memalsukan kematiannya sendiri untuk menghindari katak jantan yang gigih.

Hal ini membantah gagasan terdahulu bahwa katak betina secara pasif tunduk pada keinginan katak jantan selama musim kawin, kata penulis studi baru, yang berfokus secara khusus pada katak umum Eropa (Rana temporaria) .

“Penelitian kami memberikan bukti jelas bahwa katak betina, bahkan dalam kelompok kawin yang padat dengan peternak yang mudah meledak, tidak berdaya seperti yang diperkirakan secara umum,” tulis para peneliti dalam makalah yang diterbitkan di The Royal Society.

Dikutip dari LiveScience, perkembangbiakan secara eksplosif adalah strategi yang umum dilakukan katak. Bentuknya, berkumpul dalam jumlah besar dalam waktu singkat setiap musim semi untuk kawin.

Ketika pejantan saingannya secara bersamaan mencoba bereproduksi dengan betina, mereka diketahui membentuk ‘bola kawin’. Dalam kelompok katak Eropa yang sedang kawin, tidak jarang enam katak jantan mengelilingi dan menempel pada satu katak betina.

Ketika jadwal musim kawin begitu padat, tidak banyak waktu untuk saling mengenal atau pendekatan satu sama lain. Bagi katak betina, jadwal ini bisa melelahkan dan bahkan mengancam nyawanya.

Ketika bola kawin terbentuk di sekitar mereka, sebagian besar betina tampaknya tidak mampu menyingkirkan pejantan yang tidak diinginkan, dan pergulatan tersebut dapat mengakibatkan mereka tenggelam.

Untungnya, katak betina Eropa mempunyai beberapa pertahanan, meskipun ini ditemukan secara tidak sengaja.

Ahli ekologi Carolin Dittrich dan ahli herpetologi Mark-Oliver Rödel, dari Institut Leibniz untuk Ilmu Evolusi dan Keanekaragaman Hayati di Jerman, pada awalnya melakukan percobaan pada spesies tersebut untuk menguji apakah pejantan lebih menyukai ukuran tubuh betina tertentu.

Para peneliti menempatkan dua ekor katak betina dengan ukuran berbeda ke dalam wadah berisi air bersama satu katak jantan, lalu mencatat tingkah laku katak tersebut selama satu jam.

Mereka tidak menemukan preferensi ukuran apa pun. Namun, mereka memperhatikan perilaku penghindaran betina sehingga mereka memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut.

“Kami mengamati tiga perilaku penghindaran betina, yaitu ‘rotasi’, ‘panggilan pelepasan’ dan tonic immobility (berpura-pura mati),” menurut para penulis.

Secara total, 54 betina ditangkap oleh pejantan yang mencoba kawin. Mereka menunjukkan perilaku menghindar, sering kali terlihat mencoba berbagai teknik.

Salah satu teknik yang populer (digunakan oleh 83 persen betina) adalah memutar tubuh saat dicengkram pejantan.

“[Gerakan] ini menempatkan pejantan di bawah air, sehingga pejantan melepaskan diri agar tidak tenggelam,” kata Dittrich.

Teknik lainnya yang digunakan hampir separuh atau 48 persen katak betina adalah dengan melepaskan geraman dan derit saat ditunggangi jantan. Ini adalah strategi menipu yang melibatkan peniruan seruan katak jantan untuk mengelabui mereka dan melepaskannya.

“Tapi tidak jelas apa yang menandakan frekuensi derit yang lebih tinggi,” ucap dia.

Selain itu, 33 persen betina memakai cara menghindari perkawinan dengan berpura-pura mati. Secara ilmiah, mereka menunjukkan kondisi tonic immobility; anggota tubuh mereka yang terentang menjadi kaku dan tidak bereaksi terhadap perhatian laki-laki.

“Bagi kita, tampaknya betina tersebut berpura-pura mati, meskipun kami tidak dapat membuktikan bahwa itu adalah perilaku yang disengaja,” kata Dittrich, “Ini bisa saja merupakan respons otomatis terhadap stres.”

Harimau-Harimau dalam Angka

Katak betina yang lebih kecil, yang biasanya lebih muda, adalah yang paling mungkin menggunakan ketiga strategi pencegahan kawin tersebut.

Sementara, kata Dittrich, katak betina yang lebih besar, kemungkinan lebih tua, cenderung tidak memalsukan kematiannya sendiri.

Hasilnya, katak betina yang lebih kecil umumnya lebih baik dalam melarikan diri dari rayuan jantan dibandingkan katak yang lebih besar.

Secara keseluruhan, 46 persen betina yang ditunggangi jantan berhasil melarikan diri.

“Tonic immobility mungkin merupakan pilihan yang lebih baik bagi betina daripada berjuang untuk keluar,” tulis Dittrich dan Rödel, “karena setiap gerakan dalam kelompok kawin besar secara otomatis menarik perhatian pejantan di dekatnya dan dengan demikian meningkatkan kemungkinan pembentukan bola kawin. ”

Para penulis mencatat bahwa eksperimen mereka mungkin tidak mencerminkan bagaimana perilaku ini terjadi di alam liar.

Mencari tahu lebih banyak tentang cara hidup teman katak kita dapat membantu para ilmuwan dalam konservasi mereka, hal ini penting karena banyak spesies amfibi yang terancam punah.

Misalnya, jika katak betina cenderung berpura-pura mati di lingkungan yang tidak dikenalnya, para ahli ekologi dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi fragmentasi habitat dan memastikan bahwa katak betina memiliki akses ke tempat berkembang biak yang aman dan familiar.