Mahfud Klaim Belum Ada ‘Deal’ Jadi Cawapres Ganjar Jelang Pendaftaran

Politik457 views

Inionline.id – Menko Polhukam Mahfud MD mengaku sampai saat ini belum ada kesepakatan menjadi calon wakil presiden pendamping Ganjar Pranowo di Pilpres 2024.

“Sampai saat sekarang tidak ada komentar saya atau deal-deal saya tentang pemilihan presiden,” kata Mahfud ditemui di Universitas Airlangga, Surabaya, Senin (16/10).

Mahfud belum mau bicara banyak karena kewenangan mencalonkan capres-cawapres adalah milik partai politik.

Partai politik yang berhak mendaftarkan pasangan calon ke Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Secara umum itu urusannya partai politik. Silakan saja partai politik memutuskan dan segera nanti dibawa ke mekanisme yang tersedia,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan calon pendamping Ganjar Pranowo sudah mengerucut ke satu nama. Pengumuman juga akan lekas dilakukan.

Menurut Hasto, dalam beberapa waktu terakhir, ada beberapa nama yang masuk bursa cawapres Ganjar. Salah satu yang dia sebut adalah Mahfud MD.

Hasto menyampaikan itu di sela Rakor Pemenangan Pilpres dan Pileg PDIP Jatim di Vasa Hotel, Surabaya, Sabtu (14/10).

“Ada dari Jawa Barat, Ridwan Kamil, Sandiaga Uno, Prof Mahfud, Mbak Khofifah, Pak Basuki Menteri PUPR kemudian itu ada Erick Thohir ada Pak Andika Perkasa, ada Tuan Guru Bajang ini kan nama-nama yang disuarakan oleh rakyat,” ucapnya.

Soal satu nama yang terpilih jadi cawapres Ganjar, Hasto mengatakan dalam waktu dekat Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri yang akan mengumumkannya.

“Tentu ini menjadi momentum yang baik. Kami rancang element of surprise nya,” kata dia.

KPU membuka masa pendaftaran capres-cawapres pada 19 – 25 Oktober. Ada tiga calon presiden yang digadang-gadang bakal didaftarkan oleh partai politik.

Mereka adalah Anies Baswedan, Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Dari tiga nama itu, baru Anies Baswedan yang sudah memiliki cawapres yakni Muhaimin Iskandar.

Anies-Muhaimin rencananya didaftarkan oleh NasDem, PKB dan PKS ke KPU pada hari pertama pendaftaran yakni 19 Oktober.