Israel Diduga Bombardir Toko Kue di Jalur Gaza, Usai Roket Hantam RS

Internasional157 views

Inionline.id – Serangan udara Israel diduga menghantam sebuah toko kue di Jalur Gaza, Palestina.

Al Jazeera melaporkan serangan udara yang menargetkan toko roti itu terjadi di wilayah tengah Gaza.

Sampai saat ini belum ada detail laporan terkait insiden ini, termasuk soal kemungkinan jumlah korban dari serangan tersebut.

Namun, video yang diunggah Al Jazeera Arabic di X, sebelumnya Twitter, menunjukkan sebuah ambulans dan orang-orang berlarian meunju sebuah bangunan yang hancur.

Di depan bangunan itu terlihat papan tanda yang sebagian hancur, namun bagian lainnya terlihat tulisan “bakery”.

Insiden ini terjadi tak lama setelah Rumah Sakit Al-Ahli di Gaza jadi target sasaran roket hingga menewaskan lebih dari 500 orang dan melukai ratusan lainnya.

Sejumlah video yang tersebar di media sosial menunjukkan mayat-mayat berserakan di halaman rumah sakit tersebut.

Menurut seorang reporter Anadolu, ribuan warga Palestina berada di rumah sakit ketika gedung tersebut dibombardir.

Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh mengecam serangan udara yang menghantam sebuah rumah sakit di Jalur Gaza pada Selasa (17/10).

Haniyeh menuding serangan itu dilakukan Israel. Ia menyalahkan Amerika Serikat yang telah memberikan Israel “kedok untuk agresinya” ke Jalur Gaza.

“Pembantaian di rumah sakit ini menegaskan kebrutalan musuh dan besarnya rasa kekalahan mereka,” kata Haniyeh seperti dikutip Reuters.

Haniyeh menuturkan serangan ke RS Gaza ini menjadi “titik balik baru”.

Sementara itu, militer Israel membantah telah membombardir RS Al-Ahli.

Israel menuding gempuran ke RS Al-Ahli di Gaza itu disebabkan oleh sebuah roket milik kelompok militan Jihad Islam Palestina, sekutu Hamas, yang salah sasaran.

“Analisa menunjukkan bahwa rentetan roket ditembakkan oleh teroris di Gaza, dan melintas di dekat rumah sakit Ahli di Gaza pada saat serangan itu terjadi,” kata militer Israel melalui pernyataan yang keluar dua jam setelah serangan mematikan tersebut.

“Informasi intelijen dari berbagai sumber yang kami miliki menunjukkan bahwa Jihad Islam bertanggung jawab atas kegagalan peluncuran roket yang akhirnya menghantam rumah sakit di Gaza,” ucap militer Israel menambahkan.