Berikut ini 7 Bahaya Tidur dengan Rambut Basah

Kesehatan157 views

Inionline.id – Ada sejumlah bahaya yang bisa didapat jika Anda tidur dengan rambut yang masih basah. Apa saja bahayanya?

Banyak orang yang meyakini jika tidur dengan rambut basah bisa bikin sakit. Nyatanya, hal itu belum pernah terbukti dalam penelitian manapun.

Dusty Schlabach, penata rambut dan pemilik Thairapy Salon di South Pasadena, California mengatakan, saat kita tidur dengan rambut basah, maka di pagi harinya Anda akan bangun dan menemukan rambut yang bau dan lembap akibat jamur.

“Jika rambut basah, semua kondisi ini berkontribusi pada proses pengeringan yang jauh lebih lambat, dan dapat menciptakan lingkungan yang sempurna bagi jamur dan bakteri untuk berkembang biak,” kata Schlabach melansir The Huffington Post.

“Jika hal ini cukup sering terjadi, dapat berkembang menjadi masalah nyata pada kulit kepala yang menyebabkan perubahan warna kuning, gatal, penumpukan dan pengelupasan. Secara keseluruhan, itu menjijikkan. Dengan penumpukan yang cukup, bahkan bau. Saya melihatnya pada klien baru sepanjang waktu.”

Jamur tumbuh subur di lingkungan yang gelap dan lembap, serta dapat hidup di jaringan mati rambut, kuku, dan lapisan kulit luar. Akibatnya, bantal Anda menjadi tempat berkembang biaknya jamur.

Melansir berbagai sumber, berikut ini bahaya tidur dengan rambut basah.

1. Pertumbuhan jamur
Bahaya tidur dengan rambut basah adalah dapat menumbuhkan jamur di rambut. Penelitian tahun 2021 menemukan spesies jamur Malassezia di folikel rambut.

Jamur tersebut menyebabkan kondisi kulit seperti dermatitis seboroik. Kondisi rambut yang basah dalam waktu lama atau didiamkan semalaman dapat meningkatkan risiko berkembangnya kondisi ini.

2. Peregangan rambut
Rambut basah membentang sekitar 30 persen dari panjang aslinya tanpa kerusakan. Peregangan rambut yang dapat ditoleransi antara 30-70 persen.

Bahaya tidur dengan rambut basah menyebabkan peregangan melebihi panjang yang dapat ditoleransi.

3. Kerusakan rambut
Sebuah studi pada 2017 menyebutkan kerontokan rambut terjadi karena perubahan hormon. Namun kondisi lain seperti rambut basah juga dapat menyebabkan rambut rontok.

Rambut basah yang dibawa tidur dapat menyebabkan kerusakan folikel dan mengakibatkan rambut patah.

4. Ketombe
Penelitian 2019 menyebutkan ketombe dapat diperburuk dengan suhu dingin dan kondisi basah. Studi yang sama juga menunjukkan bahwa keseimbangan bakteri dan jamur berperan dalam kondisi itu.

Artinya, rambut basah dapat menyebabkan kondisi kulit kepala kehilangan panas dan memperburuk ketombe.

5. Berkembangnya bakteri
Mengutip Times of India, tidur dengan rambut basah akan menyebabkan perkembangan bakteri di kepala. Hanya dengan mengganti sarung bantal tidak akan cukup menghentikannya.

6. Memperburuk sistem imun
Tidur dengan rambut basah juga dapat memperburuk sistem imun tubuh.

Menurut penelitian di tahun 2015 menyatakan kepala seseorang akan kehilangan kehangatan saat terkena dingin. Artinya, tidur dengan rambut basah akan membuat tidak nyaman sehingga istirahat kurang dan menurunkan imun tubuh.

7. Jerawat di kulit kepala
Kondisi tidur dengan rambut basah dapat menyebabkan jerawat karena tersumbatnya folikel di bawah kulit oleh sebum. Alasannya, rambut basah mengandung bakteri.

Rambut yang basah dalam waktu lama dapat meningkatkan risiko berkembangnya jerawat di kulit kepala.

Itulah 7 bahaya tidur dengan rambut basah yang perlu Anda ketahui. Semoga membantu.