Anies Baswedan Menyambangi Ponpes Al-Falak Pagentongan untuk Bersilaturahmi dan Ziarah Ke Makam Mama Falak

Antar Daerah357 views

Inionline.id – Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan menyambangi Pondok Pesantren (Ponpes) Al-Falak Pagentongan, Kelurahan Loji, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Dengan mengenakan baju koko dan sarung berwarna biru muda serta peci hitam, Anies tiba di lokasi Ponpes Al-Falak Pagentongan sekitar pukul 09.00 WIB.

Kedatangan Anies bersama perwakilan kader partai politik Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) disambut antusias ratusan santri dan pimpinan ponpes.

Setibanya, Anies langsung melakukan ziarah ke makam KH. TB. Muhammad Falak atau Mama Falak dan dilanjutkan dengan sambutan dihadapan ratusan santri yang didominasi kalangan remaja.

“Jadi pagi hari ini kami ziarah ke tempat makam KH. Tubagus Muhammad Abbas Falak. Beliau adalah salah seorang ulama yang diberikan umur panjang sampai lebih dari 130 tahun dan hidupnya beliau hibahkan untuk kegiatan dakwah, kegiatan ilmu, perjuangan yang menjadi inspirasi bagi kita semua,” kata Anies usai kunjungan di Ponpes Al-Falak, Jumat (27/10/2023).

Bagi Anies, kehadirannya di Ponpes Al-Falak Pagentongan menjadi bagian dari mempererat tali silaturahmi di antara keluarga besarnya. Terlebih sosok Mama Falak merupakan sahabat seperjuangan dengan sang kakek.

“Secara kebetulan kakek kami adalah juga sahabatnya, ketika sama-sama berjuang di era 1940-an, sehingga silaturahmi hari ini adalah melanjutkan silaturahmi antar orang tua-orang tua kita dulu,” paparnya.

Kehadirannya selain bersilaturahmi juga sekaligus meminta doa dari keluarga besar dan para santri Ponpes Al-Falak atas amanah yang diberikan saat ini sebagai Capres di Pemilu 2024 mendatang.

“Jadi ini adalah sebuah silaturahmi, saya tadi sempat ngobrol-ngobrol juga dengan para santri dan mudah-mudahan jadi bekal untuk perjuangan ke depan,” imbuh Anies.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai NasDem Kota Bogor, Devie Prihartini Sultani menjelaskan, kedatangan Capres Anies untuk bersilaturahmi dalam rangka Hari Santri Nasional sekaligus mempererat tali silaturahmi dengan para sesepuh dan kiai di Kota Bogor khususnya di lingkungan Ponpes Al-Falak Pagentongan.

“Dalam sambutannya tadi pak Anies mengingatkan kita semua, sebagai pemilik negara ini untuk jangan hanya jadi penonton, tapi juga harus menjadi bagian dalam perubahan bangsa yang lebih baik,” ungkap Devie.

Ia menjabarkan, bahwa agenda kunjungan Anies dari kemarin hingga hari ini bersilaturahmi ke beberapa titik di wilayah kota maupun kabupaten Bogor.

“Saya juga tidak menyangka antusias santri luar biasa karena kegiatan ini serba dadakan, pak Anies ingin ke sini. Saya mempersiapkan 2×24 jam,” imbuhnya.

Pihaknya berharap rangkaian kegiatan kunjungan tersebut bisa berkelanjutan sehingga membentuk elektoral dan mendongkrak basis pendukung Anies di wilayah Bogor.

Devie mengatakan, untuk di Jawa Barat khususnya Kota Bogor elektabilitas Capres Anies dari hasil survei yang dilakukan terus meningkat, apalagi setelah deklarasi secara resmi Muhaimin Iskandar sebagai Cawapres.

“Dan ini mudah-mudahan bisa terealisasi untuk kemenangan di Pilpres 2024 nanti. Maka, kami dari Partai NasDem akan terus bekerja lebih keras untuk merealisasikan itu. Di Kota Bogor harus yakin menang,” pungkasnya.