Berikut ini 9 Obat Tidur Alami yang Membuat Istirahat Jadi Maksimal

Kesehatan157 views

Inionline.id – Obat tidur dalam bentuk pil sering kali jadi solusi cepat bagi orang-orang yang kerap mengalami insomnia. Namun, terlalu sering mengonsumsi obat tidur juga tak baik untuk kesehatan.

Sebagai alternatif, Anda bisa mencoba obat tidur alami berikut ini. Cara ini rasanya lebih aman jika dibandingkan dengan bergantung pada pil tidur.

Insomnia adalah masalah kesehatan yang umum terjadi di tengah masyarakat zaman kiwari. Tanpa disadari, insomnia bisa berdampak buruk untuk kesehatan secara menyeluruh.

Banyak hal yang jadi penyebab insomnia. Stres dan pikiran yang menumpuk sering kali jadi penyebab utama masalah tidur satu ini.

Obat tidur alami

Alih-alih menggunakan obat medis, Anda bisa menggunakan cara alami mengatasi insomnia berikut ini.

1. Minum susu hangat

Dokter spesialis tidur Charlene Gamaldo menyarankan Anda untuk mencoba segelas susu hangat sebelum tidur. Segelas susu hangat barang kali bisa jadi salah satu obat tidur alami pilihan Anda.

“Meski tak banyak bukti ilmiah [yang menunjukkan] bahwa minuman malam hari ini berhasil meningkatkan kualitas tidur, tapi tak ada salahnya jika mau mencoba,” ujar Gamaldo, menukil laman Johns Hopkins Medicine.

Segelas susu hangat, lanjut Gamaldo, telah lama diyakini mengandung bahan kimia yang mensimulasikan efek triptofan pada otak.

“Ini adalah bahan kimia penyusun zat serotonin, yang terlibat dalam transisi tidur-bangun,” ujar Gamaldo.

2. Teh chamomile

Selain susu hangat, Anda juga bisa jadikan secangkir teh chamomile sebagai solusi sulit tidur.

Gamaldo mengatakan bahwa teh satu ini diyakini mengandung flavonoid yang dapat berinteraksi dengan reseptor benzodiazepin di otak yang terlibat dalam transisi tidur-bangun.

Tak seperti jenis teh pada umumnya, chamomile tak mengandung kafein.

3. Jus ceri

Selain susu hangat dan chamomile, Gamaldo juga merekomendasikan jus ceri sebagai pilihan minuman sebelum tidur.

Ceri sendiri diketahui punya kemampuan dalam memproduksi melatonin yang mendukung siklus tidur sehat.

4. Suplemen melatonin

Melatonin adalah hormon yang dilepaskan secara alami di otak pada empat jam sebelum rasa kantuk muncul. Hormon ini-lah yang bisa membantu seseorang untuk tidur dengan cepat.

Namun, Gamaldo menyarankan Anda untuk mengonsumsi suplemen melatonin dengan merek yang sama. Selain itu, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter jika diperlukan.

“Tetap berpegang pada satu mereka dan jangan membelinya secara online dari sumber yang tidak dikethaui,” ujar Gamaldo memperingatkan.

5. Suhu dingin dan minim cahaya

Kondisi lingkungan akan berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang.

Upayakan agar suhu kamar berada di sekitar 18-22 derajat Celcius. Kenakan juga baju tidur yang nyaman, serta seprai berbahan katun.

Selain itu, pastikan juga ruangan terbebas dari cahaya apa pun. Gamaldo bahkan menyarankan Anda untuk menggunakan senter saat ingin ke kamar mandi di tengah waktu tidur.

“Jika Anda membiarkan lampu kamar mandi menyala, mungkin diperlukan waktu hingga 30 menit untuk tertidur kembali,” ujar Gamaldo.

6. Dark chocolate

Sepotong dark chocolate juga bisa menjadi pilihan. Pasalnya, cokelat satu ini mengandung tinggi magnesium.

Mengutip Healthline, magnesium dapat membantu menenangkan pikiran dan tubuh sehingga lebih mudah untuk tertidur.

Studi menunjukkan bahwa efek relaksasi magnesium disebabkan oleh kemampuannya mengatur produksi melatonin. Magnesium dikenal dapat mengendurkan otot dan memicu rasa kantuk.

7. Aroma lavender

Bukan rahasia lagi, aroma lavender adalah obat tidur yang paling ampuh. Tanaman berona keunguan ini mengeluarkan aroma yang sangat menenangkan.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencium minyak aromaterapi lavender sebelum tidur dapat membantu meningkatkan kualitas tidur, baik pada mereka yang menderita insomnia ataupun tidak.

Namun perlu diingat, minyak lavender hanya bisa digunakan sebagai aromaterapi, bukan untuk digunakan secara oral. Dalam beberapa kasus, asupan lavender dapat memicu mual, sendawa, dan diare.

8. Suplemen ginkgo biloba

Sebuah penelitian menemukan, konsumsi sekitar 240 miligram ginkgo biloba 30-60 menit sebelum tidur dapat membantu mengurangi stres, meningkatkan relaksasi, dan kualitas tidur.

9. Menu bayam dan tahu untuk makan malam

Semangkuk sayur bayam dan tahu goreng mungkin bisa jadi menu makan malam yang tepat demi menyambut tidur yang berkualitas. Keduanya dapat jadi obat tidur alami karena kandungan triptofan yang ada di dalamnya.

Mengutip WebMD, triptofan dibutuhkan untuk proses pembentukan serotonin yang lebih stabil. Serotonin sendiri adalah hormon yang menimbulkan perasaan nyaman.

Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa neurotransmitter serotonin berperan dalam menginduksi tidur. Beberapa penelitian juga menemukan kerusakan bagian otak yang menampung serotonin dapat menyebabkan insomnia total.