Saingi TikTok, Reels Instagram Diklaim akan Lebih Panjang

Iptek657 views

Inionline.id – Instagram diklaim akan menghadirkan opsi durasi yang lebih panjang untuk konten dengan format Reels hingga 10 menit.

Kabar soal opsi durasi yang lebih panjang ini disampaikan oleh pengembang dan pembocor ponsel terkenal Alessandro Paluzzi.

“#Instagram sedang mengembangkan kemampuan untuk membuat #Reels hingga 10 menit,” kicau Paluzzi di akun X alias Twitter-nya, Rabu (30/8).

Dikutip dari laman bantuan Instagram, semua video pendek yang diunggah ke feed Instagram dibagikan sebagai Reels sejak Juli 2022. Video ini termasuk video yang sebelumnya diposting ke feed dan video yang diposting di web Instagram.

Reels memungkinkan pengguna merekam dan mengedit video pendek hingga 90 detik di Kamera Instagram maupun dari footage yang ada di ponselnya. Pengguna dapat mengunggah videonya langsung atau menambahkan efek dan musik ke Reels

Meski batas maksimal untuk video-video ini saat ini adalah tiga menit, tetapi tangkapan layar yang diunggah Paluzzi mengindikasikan peningkatan besar hingga menjadi 10 menit.

Hal ini secara efektif akan mengubah situs media sosial ini menjadi platform berbagi video yang lebih variatif seperti YouTube.

Dikutip dari Engadget, peningkatan ini akan memungkinkan Instagram Meta untuk bersaing lebih jauh dengan TikTok, karena TikTok telah memungkinkan pengguna untuk memposting video hingga 10 menit.

TikTok dan Instagram tampaknya terjebak dalam semacam mimikri, dengan satu aplikasi secara teratur mengadopsi fitur-fitur yang awalnya diluncurkan oleh aplikasi lainnya.

Sementara itu, YouTube bergerak ke arah yang berlawanan dan menghadirkan konten dengan format video pendek.

Dengan demikian, hari-hari ketika pengguna dengan mudah melabeli Instagram sebagai platform “foto”, TikTok sebagai “video pendek”, dan YouTube sebagai “video panjang” sudah berlalu.

Kini semua platform tampak ingin menjadi platform serba ada.