Ini 8 Aplikasi Buat Tangkal Penipuan

Iptek357 views

Inionline.id – Panggilan dari nomor tak dikenal terkadang cukup mengganggu bahkan menjadi awal mula penipuan. Berikut sejumlah aplikasi yang bisa mengecek nomor-nomor ‘ajaib’ itu.

Untuk mengatasi masalah tersebut, saat ini sudah cukup banyak aplikasi yang tersedia di App Store maupun Google Play Store yang dapat digunakan guna melacak nomor yang tak dikenal. Dengan kehadiran aplikasi-aplikasi ini, paling tidak Anda dapat melacak panggilan tak dikenal tersebut.

Jika pengguna sudah memberi izin akses panggilan telepon maupun SMS ke aplikasi tersebut, aplikasi akan mendeteksi secara otomatis ketika panggilan masuk, meski nomor belum pernah Anda simpan di daftar kontak.

Berikut daftar aplikasi yang bisa digunakan melacak nomor tak dikenal

Getcontact

Getcontact adalah salah satu aplikasi layanan pelacak nomor telepon yang populer di dunia. Aplikasi ini sudah diunduh oleh lebih dari 100 juta pengguna di seluruh dunia.

Aplikasi ini dapat memberi tahu nomor kontak orang yang menghubungi Anda. Selain melacak nomor hp, Getcontact juga dapat digunakan untuk memberi tag atau label kontak kepada nomor yang Anda simpan.

Nantinya, nama kontak yang Anda berikan ke sebuah nomor akan masuk ke data nama kontak Getcontact.

Caller ID

Aplikasi selanjutnya adalah Caller ID yang telah diunduh oleh 1 juta pengguna di dunia. Caller ID juga bisa melacak nomor tak dikenal. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk pencadangan kontak yang tersimpan.

Caller ID juga dapat merekam telepon yang masuk dan keluar untuk keperluan dokumentasi. Yang tak kalah penting, layanan ini gratis. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi ini di App Store atau Google Play Store.

Truecaller

Truecaller bisa jadi aplikasi pelacak nomor tak dikenal paling populer di dunia karena sudah diunduh oleh 1 miliar pengguna. Selain dalam format aplikasi, Truecaller juga memiliki layanan pelacak nomor telepon dalam bentuk situs.

Jadi, bagi yang tidak ingin mengunduh Truecaller, tetap bisa cek nomor tidak dikenal tanpa aplikasi. Truecaller dapat mengidentifikasi nomor, nama, lokasi, hingga nama provider.