Sebanyak 1,4 Juta Keluarga Rawan Stunting Akan Terima Bansos Telur dan Ayam

Ekonomi1057 views

Inionline.id – Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyatakan Presiden Joko Widodo telah menyetujui pemberian bantuan pangan berupa telur dan daging ayam yang disalurkan mulai September 2023.

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi mengatakan bansos telur dan ayam akan diberikan kepada 1,4 juta keluarga rentan stunting (KRS).

“Dananya sekitar Rp400 miliar. Sudah disetujui pak presiden,” kata Arief di sela-sela acara ASEAN Investment Forum 2023 di Jakarta, Minggu (3/9).

Nantinya, setiap keluarga akan menerima 1 kg daging ayam dan 10 butir telur.

Pemberian bansos ini diharapkan bisa menyerap daging dan telur ayam dari peternak. Pasalnya peternak selama ini langsung memotong ayam jika terjadi kelebihan stok.

“Biasanya kalau supply dan demand enggak seimbang, ayamnya di-cutting. Hari ini kita mau bilang enggak usah di-cutting, kita pakai saja, diserap untuk program pemerintah,” pungkasnya.

Sebelumnya, pemerintah menyatakan akan menyalurkan bansos beras kepada 21 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang ada di Program Keluarga Harapan (PKH) mulai September.

Adapun program bantuan pangan ini akan berlangsung selama tiga bulan, yakni September hingga November 2023. Di mana untuk beras, masing-masing KPM akan mendapatkan 10 kg per bulan.