Indra Sjafri Usulkan Asian Games Pakai VAR

Olahraga257 views

Inionline.id – Pelatih Indra Sjafri kecewa dengan dianulirnya gol Ramadhan Sananta saat Indonesia ditekuk Uzbekistan 0-2 dalam laga 16 besar Asian Games 2023. Ia mengusulkan adanya Video Assistant Referee di edisi berikutnya.

Sananta mencetak gol penyeimbang 1-1 dalam laga yang berlangsung di Shangcheng Sports Centre Stadium, Kamis (28/9/2023). Pemain Persis Solo itu menanduk tendangan bebas Rizky Ridho di babak tambahan kedua.

Gol itu disambut gembira Indra Sjafri dengan melakukan sujud syukur. Tapi wasit kemudian tidak mengesahkan gol itu lantaran hakim garis mengangkat bendera tanda telah terjadi offside.

Sebelumnya Uzbekistan lebih dulu unggul 1-0 lewat gol Sherzod Esanov dalam situasi tendangan sudut di awal babak tambahan pertama. Andai tak dianulir, gol Sananta akan memberi harapan buat Garuda Muda untuk membalikkan keadaan di sisa waktu.

“Kami sampai sekarang tidak tahu kenapa gol yang tadi dianulir wasit. Apakah memang offside? Tentu event sebesar ini perlu ada VAR ya untuk bisa menentukan itu offside atau tidak offside,” kata Indra Sjafri usai laga.

“Tapi terlepas dari itu, kami mengucapkan terima kasih kepada semua pemain dan pada kesempatan ini juga sekali lagi saya mengucapkan terima kasih kepada klub yang memberikan para pemainnya untuk tim nasional Asian Games,” ujarnya.

“Walaupun ini bukan menjadi agenda resminya FIFA, tetapi klub berkorban dengan memberikan para pemainnya ke tim nasional. Sekali lagi terima kasih,” jelasnya.

Kekalahan 0-2 yang diderita Timnas U-24 ini sekaligus mengakhiri perjalanan Rizky Ridho Cs. Garuda Muda untuk ketiga kalinya secara beruntun mentok di 16 besar.

“Pertandingan hari ini menjadi pertandingan terakhir timnas U-24 Indonesia. Terutama saya mengucapkan banyak terima kasih atas perjuangan para pemain di partai 2×45 menit mereka berjuang dan diakhiri dengan perpanjangan waktu,” tutur Indra Sjafri.

“Pertandingan ini berjalan sesuai dengan game plan yang kami lakukan, tetapi ada kesalahan, kesalahan kecil yang akhirnya berbuah kebobolan,” ucapnya.