16 Tewas Termasuk Satu Anak Akibat Rudal Rusia Hantam Pasar di Ukraina

Internasional257 views

Inionline.id – Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan serangan Rusia terhadap sebuah pasar di Ukraina timur telah melukai dan menewaskan belasan orang.

Serangan Rusia terjadi saat Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken tengah melakukan kunjungan kerja ke Kyiv.

“Saat ini, artileri teroris Rusia telah menewaskan 16 orang di kota Kostyantynivka, wilayah Donetsk. Sebuah pasar, toko-toko, dan apotek. Orang-orang yang tidak melakukan kesalahan apa pun banyak yang terluka,” kata Zelensky dalam unggahan di media sosial seperti dikutip AFP.

Perdana Menteri Ukraina Denys Shmygal juga mengunggah video rekaman CCTV saat ledakan menghancurkan deretan kios, hingga membuat warga berlarian mencari perlindungan. Dia menyebut satu anak tewas dalam serangan tersebut.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Igor Klymenko dalam unggahan di medsos juga menyebut serangan Rusia menyebabkan 28 orang terluka.

Kostyantynivka adalah kota berpenduduk sekitar 70 ribu orang di kawasan industri timur Donetsk. Wilayah itu menjadi pusat pertempuran sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari 2022 lalu.

Sebagian wilayah Donetsk kini dikuasai oleh sekelompok separatis yang didukung Kremlin sejak 2014. Rusia juga mengklaim telah mencaplok wilayah itu bersama tiga kelompok separatis lainnya akhir tahun 2022 lalu.