WhatsApp Rilis Fitur Screen Sharing Saat Video Call

Iptek857 views

Inionline.id – WhatsApp memperkenalkan fitur baru yang memungkinkan pengguna berbagi layar atau screen sharing saat melakukan panggilan video, mirip dengan aplikasi Zoom.

Fitur baru ini diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg, dalam sebuah postingan di Facebook, yang hanya menunjukkan gambar fitur yang bekerja pada WhatsApp versi smartphone.

Fitur screen sharing ini telah melalui pengujian beta di kalangan pengguna Android tertentu, dan sekarang resmi dirilis secara penuh. Pengguna bisa mengakses fitur ini dengan mengeklik atau mengetuk ikon “Share”, kemudian mereka dapat memilih untuk membagikan seluruh layar atau hanya aplikasi tertentu.

Mengutip Mashable, Fitur berbagi layar juga akan dilengkapi dengan Mode Lanskap yang akan membuat seluruh pengalaman konferensi video terasa mirip dengan Zoom dan Google Meets.

Fitur berbagi layar sudah mulai diluncurkan di Android, iOS, dan Windows Desktop secara bertahap.

Panggilan video telah menjadi bagian dari WhatsApp selama lebih dari enam tahun, sejak diluncurkan untuk semua pengguna di platform ini pada bulan November 2016. Namun, aplikasi pesan instan ini secara bertahap meningkatkan layanannya agar tetap relevan dalam persaingan.

Baru-baru ini, WhatsApp menghadirkan dukungan gambar-dalam-gambar untuk panggilan video ke iOS. Ini juga memungkinkan opsi untuk berbagi pesan video pendek dalam obrolan, karena video, secara umum, telah menjadi sumber komunikasi yang penting bagi banyak pengguna, mengutip Tech Crunch.

Screen sharing telah menjadi fitur penting dari aplikasi konferensi video untuk sementara waktu, termasuk yang ditujukan untuk konsumen. Pada tahun 2021, misalnya, Apple meningkatkan layanan FaceTime dengan SharePlay, yang memungkinkan pengguna iOS untuk berbagi layar secara native.

WhatsApp melangkah lebih jauh dengan memperluas fitur ini ke pengguna Android, iOS, dan desktop.