Presiden Jokowi Meminta Kampus Buat Jurusan Khusus Polusi dan Perubahan Iklim

Berita057 views

Inionline.id – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kampus untuk membuat jurusan-jurusan yang fokus mempelajari soal polusi dan perubahan iklim.

Dia ingin para mahasiswa mempelajari hal-hal seperti perdagangan karbon, pasar karbon, wirausaha terkait iklim, pengolahan limbah, hingga teknologi pembuatan baterai.

“Ini mestinya yang berkaitan dengan ini universitas juga harus berani menyongsong, membuat jurusan, fakultas yang berkaitan dengan tadi, Pak Rektor,” kata Jokowi di Universitas Tadulako, Palu, Rabu (30/8).

Jokowi mengingatkan dunia sudah mulai berubah. Ancaman polusi dan perubahan iklim sudah menjadi tantangan di berbagai negara.

Dia ingin perguruan tinggi beradaptasi dengan kebutuhan itu. Jokowi merasa kampus bisa memberikan sumbangsih banyak lewat kajian ilmu pengetahuan mengenai polusi dan perubahan iklim.

Jokowi pun menitipkan pendidikan masyarakat tentang polusi dan perubahan iklim. Menurutnya, mahasiswa bisa ambil peran di hal ini.

“Sosialisasikan mengenai jaga hutan, jaga air, pengelolaan sampah, terutama sampah plastik, mengurangi polusi. Sudah mulai jadi problem besar kita polusi saat ini,” ucap dia.

Kini, Jokowi menaruh perhatian terhadap polusi udara setelah kualitas udara Jakarta memburuk. Sejumlah pemantau kualitas udara menyebut udara Jakarta paling tercemar di dunia.

Jokowi pun memerintahkan menteri-menterinya bergerak. Ia mendorong peralihan masyarakat dari kendaraan pribadi ke transportasi publik.

Ia juga ingin ada pemantauan ketat terhadap emisi kendaraan pribadi. Dia pun menekankan pemantauan ketat terhadap industri-industri yang berpotensi mencemarkan udara.

Selain itu, ada pula arahan Jokowi soal penghijauan Jakarta. Ia mau lebih banyak pohon besar di lingkungan perkantoran.