Berikut ini 5 Tips Bertahan di Tengah Polusi dan Udara Lembap

Kesehatan157 views

Inionline.id – Cuaca panas dan polusi disertai udara yang lembap terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Bahkan tingkat kelembapan udara akhir-akhir ini cukup tinggi, bisa mencapai 70-80 persen.

Lantas, apa yang bisa dilakukan agar tubuh tetap merasa aman dan nyaman saat udara lembap dan polusi?

Dokter spesialis penyakit dalam hematologi onkologi medik sekaligus peneliti, Zubairi Djoerban mengatakan udara yang lembap disertai cuaca panas dan polusi tentunya berbahaya untuk kesehatan. Sebab suhu tubuh tidak mudah dingin saat cuaca lembap.

“Kesehatan bisa memburuk saat cuaca lembap dan tinggi. Karena keringat tidak bisa menguap secepat yang seharusnya,” kata Zubairi, Jumat (25/8).

Meski demikian, ada beberapa trik yang bisa dilakukan agar Anda tetap bisa bertahan di tengah cuaca panas dan lembap. Berikut beberapa tips yang dibagikan Zubairi untuk mengatasi udara lembab dan cuaca panas:

1. Banyak minum air putih

Asupan cairan harus tetap dijaga saat cuaca panas dan lembap. Minum air putih dua liter per hari sangat penting untuk dilakukan.

“Harus air putih, hindari minum alkohol dan kafein saat udara panas dan suhu tinggi,” katanya.

2. Masuk ke ruangan ber-AC

Usahakan berada di ruangan berpendingin minimal satu jam saat terjebak cuaca panas dan lembab. Jika sedang berada di luar, cari tempat berpendingin ruangan, misal di mal, mini market, atau kafe.

“Cukup satu jam, karena ini penting untuk mendinginkan suhu tubuh ketika seharian di bawah cuaca terik dan lembap,” kata dia.

3. Perhatikan pakaian yang dikenakan

Hindari menggunakan pakaian ketat dan berwarna gelap. Pilih pakaian yang longgar dengan bahan ringan dan berwarna cerah.

“Jangan hitam, abu-abu, atau biru tua. Hindari yang warnanya gelap. Bisa putih juga, pokoknya warna-warna yang menyerap panas,” kata dia.

4. Jangan berolahraga di luar ruangan

Olahraga tetap harus dilakukan meskipun cuaca panas dan lembap. Usahakan untuk berolahraga di dalam ruangan. Pilih jenis olahraga ringan yang bisa dilakukan di ruangan.

“Bisa yoga, senam, apapun yang bisa dilakukan di ruangan,” kata dia.

5. Jangan biarkan hewan peliharaan kehausan

Jika Anda memiliki hewan peliharaan, selalu perhatikan kebutuhannya terutama saat cuaca panas dan lembap. Berikan mereka minum yang cukup dan tempat yang dingin serta nyaman.

Itulah tips agar tubuh tetap bisa bertahan dengan aman dan nyaman di tengah polusi dan udara lembap Jakarta.