Apresiasi Untuk Program Infrastruktur Pengairan

Antar Daerah157 views

Inionline.id – DPRD Jabar bersama Pemprov Jabar dalam kurun waktu 5 tahun ini, sudah menyiapkan program penguatan infrastruktur di bidang pengairan.

Dalam kurun waktu tersebut, infrastruktur pengairan sudah hadir di berbagai daerah di Jabar, mulai waduk, embung-embung maupun situ. Wujud infrastruktur pengairan itu, dilaksanakan dengan berbagai ragam kegiatan, salah satunya melalui revitalisasi

“Kehadiran infrastruktur Pengairan itu layak untuk diapresiasi karena banyak manfaat dari kehadiran infrastruktur itu”, ungkap Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Ir. Prasetyawati, MM dalam keterangannya kepada media baru-baru ini.

Prasetyawati, dalam keterangannya mengatakan sejumlah manfaat dari kehadiran infrastruktur irigasi diantaranya menjadi sumber penyedia air, seperti waduk Darma dan waduk Jatigede.

“Sehubungan dengan sudah tertatanya keberadaan waduk itu, dapat mencegah kekurangan pasokan air khususnya di musim kemarau seperti sekarang ini”, kata Prasetyawati.

Dengan demikian, ketercukupan air yang ada di waduk, ekologi di sekitar sungai maupun daerah sekitarnya dapat terpelihara.

Jika hal ini, sudah terwujud kemarau tak menyebabkan bencana sehingga ketahanan pangan yang bersumber dari hasil pertanian dapat terjaga.

Prasetyawati, dalam keterangannya mengatakan infrastruktur pengairan yang dibangun saat ini, juga sarat dengan inovasi. Pasalnya, dalam desain yang sudah dibangun juga dibuat aspek estetikanya sehingga kehadiran infrastruktur juga bernilai wisata.

Bahkan di sekitar lingkungan juga dibuat penataan dari kawasan kumuh.

Dalan kondisi demikian, kehadiran infrastruktur ini juga berpotensi wisata sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat.

Sehubungan dengan keberhasilan pembangunan infrastruktur pengairan, program ini harus terus dilanjutkan.

Prasetyawati, dalam bagian lain keterangannya mengatakan untuk pengembangan program ke depan, infrastruktur pengairan yang akan dibangun atau direvitalisasi difokuskan pada daerah yang menjadi pusat pengembangan agribisnis terutama sektor pertanian. Ini penting untuk direalisasikan dalam memperkuat atau mempertahankan Jabar sebagai lumbung pangan.

Pembangunan infrastruktur pengairan, juga harus difokuskan pada daerah yang saat ini rutin dilanda kekeringan.

“sehubungan dengan harapan itu banyak daerah yang harus dilakukan revitalisasi pengairan kolaborasi antara pemerintah di semua level pemerintahan melalui dukungan anggaran yang proporsional itu menjadi solusi konkrit” , tutup Prasetyawati mengakhiri penjelasannya, Rabu (30/08/2023).