Peringati HUT Kemerdekaan, KBUMN dan Pertamina Hadirkan Bazar UMKM di Sarinah Jakarta

Berita157 views

Jakarta, Inionline.id – Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Kemerdekaan RI, Kementerian BUMN dan PT Pertamina (Persero) menggelar Bazar UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) di Gedung Sarinah, Jakarta pada 11 – 14 Agustus 2023. Bazar UMKM digelar untuk memperluas pangsa pasar UMKM dan menggerakkan perekonomian berbasis masyarakat.

Vice President Corporate Communication Pertamina Fadjar Djoko Santoso mengatakan kegiatan “Bazar UMKM untuk Indonesia” ini merupakan komitmen dan dukungan Kementerian BUMN dalam pemberdayaan UMKM daerah, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi. Ajang ini diharapkan memberi kesempatan para pelaku UMKM untuk menjual ragam produk yang inovatif dan khas.

“Kami mengapresiasi adanya acara ini, karena dapat memperluas pasar UMKM untuk menembus konsumen yang lebih luas. Selain bazar semacam ini, Pertamina proaktif mengikutkan para UMKM binaan kami dalam pameran-pameran UMKM skala internasional,” ujarnya.

Kegiatan Bazaar UMKM ini diselenggarakan Kementerian BUMN setiap bulan, sejak Januari 2023. Acara ini diikuti oleh UMKM binaan perusahaan BUMN, secara bergiliran sepanjang tahun 2023. Pada bulan Agustus, saatnya Pertamina dan PT Angkasa Pura II menghadirkan UMKM binaannya.

Pada pembukaan Bazar UMKM Pertamina dan Angkasa Pura II, di Sarinah Jakarta, Sabtu (12/8), diantaranya dihadiri oleh Staf Ahli Bidang Keuangan dan Pengembangan UMKM Kementerian BUMN Loto Srinaita Ginting, Presiden Direktur PT Angkasa Pura II, Muhammad Awaluddin, Presiden Direktur Pertamina Foundation Agus Mashud, serta Vice President CSR & SMEPP Program Pertamina Fajriyah Usman. Selain itu, juga jajaran direksi BUMN-BUMN.

“Pameran ini sebagai upaya Kementerian BUMN dan BUMN untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional, melalui pertumbuhan ekonomi dari sektor riil yang didukung oleh UMKM,” tambah Fadjar.

Dalam Bazaar UMKM spesial Hari Kemerdekaan, Pertamina menghadirkan 62 UMKM binaan Pertamina, Rumah BUMN Pertamina dan Pertamina Foundation yang terdiri dari produk fashion, craft, F&B, dan beauty.

“Mereka hadir dengan membawa produk-produk unggulan yang mengusung kearifan lokal wilayahnya masing-masing dengan kualitas yang mampu bersaing. Kekayaan dan keberagaman budaya Indonesia tertuang dalam produk kreatif yang dihasilkan para UMKM,” ujar Fadjar.

Pertamina, imbuh Fadjar, terus mendorong dan memfasilitasi para pelaku UMKM untuk mempromosikan produk-produknya melalui berbagai pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Dia menambahkan, UMKM merupakan salah satu program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) Pertamina untuk pemberdayaan masyarakat dan peningkatan ekonomi. Hal ini merupakan salah satu upaya Pertamina menjadi perusahaan berkelanjutan, sehingga kiprahnya dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Pertamina sebagai satu-satunya perusahaan nasional yang masuk dalam jajaran 500 perusahaan terbaik di dunia versi Fortune Global 500. Tahun ini Pertamina berada di peringkat #141 naik 82 peringkat dibanding tahun 2022 yang berada di posisi #223.

Pertamina sebagai perusahaan pemimpin di bidang transisi energi, berkomitmen dalam mendukung target Net Zero Emission 2060 dengan terus mendorong program-program yang berdampak langsung pada capaian Sustainable Development Goals (SDG’s). Seluruh upaya tersebut sejalan dengan penerapan Environmental, Social & Governance (ESG) di seluruh lini bisnis dan operasi Pertamina.