Diramaikan 30.000 Pengunjung, Erick Thohir Dukung Pengembangan UMKM daerah lewat Karya Nyata Fest Vol.6 Pekanbaru

Berita1057 views

Pekanbaru, Inionline.id – Menteri BUMN Erick Thohir terus membuktikan dukungannya dalam pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) daerah, kali ini terwujud dengan terlaksananya Karya Nyata Fest Vol. 6. Acara ini berlangsung selama 3 hari, dari 26 April hingga 28 April 2024 di Lapangan Aerosport, Pekanbaru.

Acara yang terlaksana berkat kerjasama antara Kementerian BUMN dengan PT Pertamina (Persero) ini berhasil mencatat rekor total pengunjung sebanyak total sekitar 30.000 orang, terbanyak diantara Karya Nyata Fest yang telah dilaksanakan sebelumnya. Selain itu, acara ini juga menggandeng total 105 peserta UMKM binaan 25 BUMN yang terdiri dari makanan dan minuman, craft, serta fashion dengan menghasilkan total transaksi sebesar 668 juta rupiah. Hal ini menjadi wujud bagaimana Erick Thohir turut mendorong pergerakan roda ekonomi daerah melalui pembinaan UMKM.

Erick Thohir melalui staf khususnya, Arya Sinulingga sebagai perwakilan Kementerian BUMN menyatakan, “Diharapkan dengan adanya acara seperti ini, UMKM menjadi punya tempat untuk bisa menampilkan produknya sehingga bisa dikenal dan dibeli. Dipayungi juga oleh Rumah BUMN Pekanbaru, harapannya UMKM lokal dapat maju sehingga berpengaruh juga untuk memajukan ekonomi Indonesia”.

Karya Nyata Fest Vol.6 Pekanbaru ini selain dari penjualan produk UMKM juga berisikan rangkaian acara yang menarik dan melibatkan masyarakat Pekanbaru dari segala usia. Diantaranya terdapat rangkaian pertandingan futsal tingkat SMA, berbagai talkshow mengenai entrepreneurship dan social media marketing, kompetisi cosplay, robotic show, kompetisi kopi, mobile legend, hiburan band lokal dan puncaknya adalah penampilan dari Rony Parulian dan Diskoplo. Selain itu, terdapat juga business matching yang menjadi kerjasama antara UMKM Riau dengan Malaysia, menjadikan acara ini sebagai Karya Nyata Fest pertama yang berskala internasional.

Turut menghadiri acara ini yaitu perwakilan dari Kementerian BUMN, Asisten Deputi SDM & TI Kementerian BUMN bid. TjSL, Edi Eko Cahyono, VP CSR & SMEPP PT Pertamina (Persero), Fajriyah Usman, Direktur Eksekutif forum TJSL BUMN, I Gede Arimbawa, Kepala Bappeda Riau, Emri Juliharnis, serta seluruh CEO/CFO Muda Rumah BUMN di Indonesia.

Perhelatan Karya Nyata Fest yang merupakan ajang unjuk gigi bagi UMKM daerah di Indonesia yang diusung oleh Kementerian BUMN bekerja sama dengan BUMN melalui Rumah BUMN ini akan terus berlanjut di kota-kota berikutnya. Pekanbaru menjadi kota ke 6 setelah sebelumnya terlaksana di Tangerang, Padang, Medan, Jambi, dan Bangka Belitung. Selanjutnya acara ini akan berkunjung dan dilaksanakan di Aceh. Dengan semangat kolaborasi, Karya Nyata Fest telah berhasil menciptakan momentum positif bagi pengembangan UMKM dan pertumbuhan ekonomi daerah, kali ini khususnya di Pekanbaru. Diharapkan melalui kegiatan selanjutnya, Karya Nyata Fest dapat kembali meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan merangsang pengembangan UMKM di daerah-daerah Indonesia.