Kegiatan KKN Mahasiswa Undip Dukung Pengembangan Desa

Iptek757 views

Di era modern saat ini, banyak sekali media untuk mempromosikan sesuatu melalui media sosial. Terdapat banyak benda yang dapat dipromosikan, mulai dari destinasi wisata, kegiatan, maupun barang dagangan.

Media-media sosial yang digunakan contohnya adalah Instagram, Tiktok, Twitter, dan lainnya.

Pada Jumat (11/8/23), sekelompok Mahasiswa KKN Tim II UNDIP mengadakan Sosialisasi tentang Marketing dan Branding Desa di Media Sosial. Pelaksanaan sosialisasi ini bertempat di Balai Desa Jekawal pada pukul 9.30 WIB.

Kegiatan pagi hari itu berisikan penyampaian materi tentang Definisi Branding Diri oleh Salma Khairunnisa (Humas & Informasi), Tips Branding pada Media Sosial oleh Steven Putra (Manajemen), dan Etika Bermedia Sosial serta UU ITE oleh Farrel Adhyaksa (Hukum).

Desa Jekawal sendiri merupakan salah satu desa yang berada di Kab. Sragen, Jawa Tengah. Desa ini memiliki potensi wisata, seperti Petilasan Mangkubumi, yang belum dikenal banyak orang.

Desa Jekawal juga memiliki potensi hasil pertanian seperti tebu dan tanaman palawija lainnya. Tebu, sebagai komoditas utama yang dikelola oleh masyarakat Desa Jekawal, dikirim ke berbagai daerah, khususnya wilayah Jawa Timur. Sementara tanaman palawija berupa jagung, diolah oleh masyarakat setempat untuk diperjualbelikan.

Kurang dikenalnya Desa Jekawal oleh masyarakat luas membuat potensi desa ini seolah-olah masih tersembunyi. Karenanya, branding desa menjadi sangat penting bagi masyarakat Desa Jekawal guna menarik minat dan perhatian yang lebih luas.

Warga Desa menyambut baik dengan adanya sosialisasi ini. Peserta yang mengikuti acara sosialisasi ini adalah Karang Taruna yang berasal dari 4 kebayanan di Desa Jekawal yaitu Kebayanan Jekawal, Kebayanan Silibau, Kebayanan Ngrancang dan Kebayanan Blontah.

Dalam pelaksanaannya, Tim II KKN UNDIP memutarkan video sebagai salah satu contoh bentuk branding dari Desa Jekawal. Tim II KKN UNDIP melakukan sosialisasi ini dengan tujuan untuk memperkenalkan Desa Jekawal kepada masyarakat luas.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Tim II KKN UNDIP telah melaksanakan program ini. Ilmu baru untuk Kami dan ini merupakan kesempatan berharga bagi Kami selaku pengurus Karang Taruna di Desa Jekawal untuk memperkenalkan dan mengembangkan Desa kami sesuai perkembangan zaman” ujar Soleh, Selaku Admin Media Sosial Karang Taruna Kebayanan Silibau.

Para mahasiswa berharap dengan diadakannya program kerja ini, pengurus Karang Taruna dapat bekerja sama dalam melakukan branding Desa Jekawal melalui sosial media agar manfaatnya turut diraskan oleh masyarakat setempat.