Berikut ini 7 Obat Sakit Tenggorokan Alami yang Mudah Ditemukan di Rumah

Kesehatan057 views

Inionline.id – Sakit tenggorokan bisa sangat tidak nyaman. Namun tak perlu khawatir, ada obat sakit tenggorokan alami yang bisa diminum untuk mengatasinya.

Gejala utamanya adalah nyeri dan iritasi, terutama saat menelan. Beberapa pengobatan rumahan, seperti madu, air lemon, dan sup ayam, dapat memberikan kelegaan.

Sakit tenggorokan terjadi sebagai bagian dari respon kekebalan tubuh terhadap infeksi virus atau bakteri. Respon imun alami menyebabkan peradangan dan pembengkakan selaput lendir di tenggorokan.

Berikut obat sakit tenggorokan alami:

1. Cuka sari apel

Cuka sari apel adalah tonik kesehatan alami. Ini telah menjadi pokok dalam pengobatan tradisional selama berabad-abad. Bahan aktif utamanya, asam asetat, membantu melawan bakteri.

Hippocrates yang dikenal sebagai bapak kedokteran, meresepkan kombinasi cuka sari apel dan madu, yang disebut oxymel, untuk mengobati gejala flu, seperti batuk dan sakit tenggorokan.

Untuk membantu meredakan sakit tenggorokan, minumlah 1 cangkir air hangat yang dicampur dengan 1 sendok makan (sdm) cuka sari apel dan 1 sendok makan madu.

2. Kumur air garam

Berkumur dengan air garam adalah obat alami yang terkenal untuk menghilangkan sakit tenggorokan.

Garam membantu mengurangi pembengkakan dengan menarik air keluar dari jaringan tenggorokan. Ini juga dapat membantu membunuh mikroba berbahaya di tenggorokan.

Campurkan 1 cangkir air hangat dengan 1 sdt garam dan aduk hingga larut. Berkumurlah dengan seteguk campuran ini selama 30 detik sekali per jam.

3. Madu

Madu adalah pemanis yang sering dipadukan orang dengan bahan alami lainnya untuk meredakan sakit tenggorokan. Orang menggunakan madu sebagai obat karena memiliki efek antiinflamasi, antioksidan, dan antimikroba.

Madu mungkin sangat efektif bila seseorang mengombinasikannya dengan air hangat dan cuka sari apel atau herba. Beberapa orang memilih untuk menggunakan madu mentah atau madu manuka.

4. Air lemon

Air lemon adalah minuman menyegarkan yang juga dapat mengurangi sakit tenggorokan yang terjadi saat pilek atau flu.

Lemon mengandung vitamin C dan antioksidan kuat lainnya. Senyawa ini melawan peradangan dan mengurangi stres oksidatif, yang merupakan penanda umum penyakit. Air lemon mengandung vitamin C dan senyawa yang dapat meredakan sakit tenggorokan dan membantu penyembuhan.

5. Kayumanis

Kayu manis merupakan rempah yang harum dan nikmat dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Ini juga dapat memberikan manfaat antibakteri.

Kayumanis adalah obat sakit tenggorokan alami yang bisa digunakan untuk pilek, flu, dan sakit tenggorokan.

6. Teh peppermint

Teh peppermint mengandung senyawa antiradang dan sangat menenangkan tenggorokan. Mint juga bisa membuat tenggorokan sedikit mati rasa, sehingga menghilangkan rasa sakit.

Teh peppermint adalah minuman yang enak dan menyegarkan yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa tidak nyaman pada tenggorokan.

7. Teh chamomile

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh chamomile meningkatkan tidur nyenyak, yang penting untuk penyembuhan. Teh chamomile memiliki aroma dan rasa yang menyenangkan dan lembut. Seperti teh herbal lainnya, chamomile tidak mengandung kafein.

Teh chamomile dapat meningkatkan kualitas tidur, membantu melawan infeksi, dan menjadi obat sakit tenggorokan alami.