Ilmu Komunikasi UPNVJ Menjadi Prodi Sosial Favorit di SNBT 2023

Pendidikan057 views

Inionline.id – Program studi Ilmu Komunikasi Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta masuk dalam peringkat keenam sebagai prodi yang paling diminati dalam rumpun ilmu sosial di Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) 2023.  Bahkan Prodi Ilmu Komunikasi UPNVJ dan Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) menjadi dua prodi paling diminati se-Indonesia tahun ini.

Dari sekian banyak ilmu sosial yang menjadi pilihan calon mahasiswa, Ilmu Komunikasi UPNVJ dan Psikologi UGM bersama-sama menjadi yang paling diminati di seantero negeri. Namun khusus untuk prodi Ilmu Komunikasi saja, UPNVJ menjadi pilihan favorit nomor 1 di Indonesia.

“Hal ini mengindikasikan bahwa tingkat kepercayaan masyarakat kepada UPNVJ sudah sangat tinggi, khususnya terhadap Ilmu Komunikasi UPNVJ, Ini luar biasa. Kepercayaan ini tentu harus terus dijaga,” kata Rektor UPNVJ, Anter Venus dilansir dari laman UPNVJ, Sabtu, 1 Juli 2023.

Kaprodi S1 Ilmu Komunikasi, Fitria Ayuningtyas mengatakan, nama UPNVJ sudah berkibar dan terkenal di seluruh Indonesia, bahkan sudah mulai mendapat perhatian di level internasional. “Semua ini merupakan prestasi luar biasa hasil kerja hebat semua pihak, baik itu dosen, tendik, mahasiswa, alumni dan para pengguna lulusan serta tentunya tidak terlepas dari dukungan yang luar biasa dari pimpinan,” ujar Fitria.

Berbekal momentum positif, Venus menegaskan UPNVJ berkomitmen menyelenggarakan pendidikan bermutu standar internasional. Salah satu yang dilakukan adalah mengikuti proses akreditasi internasional, di mana Ilmu Komunikasi juga termasuk di dalamnya.

Keikutsertaan ini diharapkan dapat berbuah akreditasi unconditional, untuk menunjukkan prodi Ilmu Komunikasi UPNVJ betul-betul sudah menuju standar minimal akreditasi internasional. “Mendapatkan akreditasi internasional merupakan peluang bagi kita untuk terus meningkatkan mutu, sehingga betul-betul memenuhi standar akreditasi internasional tersebut,” ucap Venus.

Selain itu, Venus juga menyerukan kepada seluruh sivitas akademika UPNVJ untuk terus berbenah dan memastikan mutu pembelajaran saat ini memang betul-betul unggul. Hal ini yang meliputi mutu kurikulum, kualifikasi dosen, perbaruan pengetahuan, sarana laboratorium, keterampilan mahasiswa dan lain sebagainya.

“Kita akan terus melakukan re-evaluasi pembelajaran, untuk memastikan bahwa kita memang menyelenggarakan pembelajaran berkualitas dengan orientasi internasional,” ujar Venus.

Sementara itu, UPNVJ juga masuk dalam daftar 20 besar perguruan tinggi negeri dengan pendaftar terbanyak tahun ini. UPNVJ berada di peringkat 16 dengan 32.858 pendaftar.

Dari total tersebut, salah satu pendaftar di UPNVJ berhasil diterima dengan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) tertinggi. Pendaftar tersebut berasal dari program S1 Kedokteran UPNVJ dengan nilai 811,81.

Untuk nilai rata-rata UTBK, UPNVJ juga berhasil masuk 20 besar. Institut Teknologi Bandung (ITB) berada di urutan pertama dengan nilai rata-rata 694,40, Universitas Indonesia (UI) di peringkat kedua dengan rerata 684, 29, dan UPNVJ di nomor 10 dengan 622,52.