Berikut ini Cara Membuat Keripik Kentang Renyah, Rendam Pakai Air Dingin 30 Menit

Inionline.id – Keripik kentang merupakan salah satu camilan yang disukai oleh semua kalangan, mulai dari anak-anak sampai orang tua. Resep dan cara membuat keripik kentang renyah juga terbilang mudah.

Selain gampang dibeli, Anda juga bisa membuat sendiri keripik kentang di rumah. Salah satu kunci penting adalah membuat teksturnya yang kering dan renyah.

Tertarik membuat keripik kentang? Ikuti resep berikut!

Ilustrasi keripik kentang. (Pixabay/avantrend)

Cara Membuat Keripik Kentang Renyah

Cukup dengan tiga bahan, Anda bisa membuat sendiri keripik kentang yang renyah di rumah.

Bahan-bahan

  • 4-5 buah kentang ukuran sedang
  • Minyak goreng secukupnya
  • Garam secukupnya (sesuai selera)

Cara membuat keripik kentang yang renyah

  1. Pertama-tama, cuci bersih kentang dengan air mengalir untuk menghilangkan kotoran atau tanah yang menempel. Setelah itu, kupas bersih
  2. Berikutnya, potong kedua ujung kentang untuk membuat alas datar sehingga lebih mudah untuk dipotong menjadi keripik. Anda juga bisa menggunakan pautan khusus supaya ukurannya merata.
  3. Setelah itu, rendam irisan kentang dalam air dingin selama sekitar 30 menit. Ini adalah cara untuk menghilangkan kelebihan pati dari kentang sehingga keripik yang dihasilkan lebih renyah.
  4. Sementara itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup dalam untuk menggoreng keripik kentang dengan baik.
  5. Tiriskan irisan kentang yang sudah direndam dan keringkan menggunakan kain bersih atau tisu dapur. Pastikan irisan kentang benar-benar kering agar tidak menimbulkan percikan minyak saat digoreng.
  6. Setelah minyak panas, masukkan beberapa irisan kentang ke dalam minyak secara perlahan. Jangan terlalu banyak memasukkan kentang karena dapat membuat minyak menjadi terlalu dingin dan keripik tidak bisa renyah.
  7. Goreng keripik kentang selama beberapa menit atau sampai warnanya berubah menjadi kuning keemasan. Sesekali aduk perlahan untuk memastikan semua sisi kentang digoreng merata.
  8. Angkat keripik kentang yang sudah matang menggunakan sendok berlubang atau sumpit.
  9. Setelah itu, tiriskan di atas saringan atau kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih. Saat keripik masih panas, Anda bisa menaburkan garam atau bumbu lain sesuai selera.
  10. Keripik kentang renyah siap disajikan.

Itulah resep dan cara membuat keripik kentang renyah yang jadi camilan favorit banyak orang. Selamat mencoba!