Usai Puncak Haji 3 Jemaah Asal RI Masih Hilang

Berita257 views

Inionline.id – Konsul Haji KJRI Jeddah Nasrullah Jasam memastikan tiga orang jemaah haji asal Indonesia masih hilang usai menjalani prosesi puncak haji 1444 H di Arafah, Muzdalifah, dan Mina.

“Baru saya saya komunikasi dengan kepala bidang perlindungan jemaah haji, sampai saat ini yang tiga itu belum ditemukan,” kata Nasrullah, Selasa (11/7).

Nasrullah mengonfirmasi tiga jemaah tersebut antara lain Idun Rohim Zen (87) dari Embarkasi Palembang Kloter 20, Suharja Wardi Ardi (69) dari Embarkasi Kertajati Kloter 10 dan Niron Sunar Suna (77) dari Embarkasi Surabaya Kloter 65.

Ia menjelaskan sampai saat ini tim dari KJRI dan PPIH terus melakukan pencarian hingga penyisiran ke pelbagai rumah sakit dan tempat pemulasaran jenazah di Makkah sampai Jeddah.

Nasrullah mengatakan tim juga intens berkomunikasi dengan Ketua Kloter dan Ketua Maktab dalam proses pencarian saat ini.

“Namun sampai saat ini belum ditemukan,” ujarnya.

Terpisah, Kepala Bidang Perlindungan Jemaah Haji (Kabid Linjam) PPIH Arab Saudi Harun Al Rasyid dalam rekaman suara diterima mengatakan Idun dan Sunarja dinyatakan hilang pada tanggal 27 Juni 2023.

Idun dan Suharja dinyatakan hilang di Arafah. Sementara Niron dinyatakan hilang setelah melempar jumroh di Mina pada 28 Juni 2023.