Berikut ini 10 Makanan yang Sulit Dicerna Lambung

Kesehatan1457 views

Inionline.id – Pencernaan yang sehat merupakan salah satu kunci utama untuk menjaga kesehatan dan kenyamanan tubuh kita. Menjaga pencernaan yang sehat ini bisa sangat ditentukan oleh makanan dan minuman yang kita konsumsi.

Beberapa makanan memang memiliki cita rasa yang lezat, tetapi pada saat yang sama, mereka dapat menjadi tantangan bagi sistem pencernaan kita. Beberapa jenis makanan sulit dicerna oleh tubuh sehingga bisa menimbulkan berbagai masalah.

Mengetahui makanan yang sulit dicerna ini bisa membuat kita menjaga keseimbangan nutrisi serta kenyamanan pencernaan kita. Penting bagi makanan tak hanya lezat di lidah saja, namun juga perlu nyaman di perut.

Memilih makanan yang tepat dan mudah dicerna merupakan cara untuk terhindar dari masalah pencernaan. Dilansir dari Fit Sugar, berikut sejumlah makanan yang ternyata sulit dicerna oleh tubuh.

Es Krim dan Kacang Merah

Es krim

Es krim merupakan makanan lezat yang disukai oleh semua orang. Namun sayangnya es krim memiliki kandungan tinggi lemak dan susuisa memicu perut kembung dan gangguan pencernaan. Kondisi ini rentan dialami penderita intoleransi laktosa.

Kacang Merah

Meskipun kacang merah kaya serat dan protein, ada senyawa gula tertentu di dalamnya yang sulit dicerna oleh usus besar. Ini dapat menyebabkan produksi gas dan membuat Anda sering kentut setelah mengonsumsinya.

Makanan Pedas dan Minuman Asam

Makanan Pedas

Jika Anda mengalami masalah pencernaan seperti mulas atau sembelit, sebaiknya hindari makanan pedas. Munculnya gejala ini merupakan cara tubuh untuk memberi tahu bahwa makanan pedas sulit dicerna.

Minuman Asam

Minuman asam seperti jus jeruk yang sangat asam dapat mengganggu fungsi kerongkongan dan membuat pencernaan menjadi sulit. Belum lagi kondisi asam ini kadang juga membuat perut perih.

Gorengan dan Mashed Potato

Gorengan

Makanan yang digoreng dengan banyak minyak dan tinggi lemak sangat sulit dicerna oleh tubuh. Jadi, sebaiknya hindari makanan yang digoreng jika Anda ingin menjaga sistem pencernaan tetap sehat.

Mashed Potato

Banyak resep kentang tumbuk mengandung susu dan krim, hal ini membuatnya sulit dicerna oleh orang yang intoleran terhadap laktosa.

Bawang Bombay dan Sayuran

Bawang Bombay Mentah

Jika Anda mengonsumsi bawang bombay mentah, Anda mungkin sering kentut. Sebaiknya, masak bawang bombay sebelum mengonsumsinya untuk mengurangi efek tersebut.

Sayuran Berdaun Hijau

Sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kangkung kaya akan nutrisi, serat, dan vitamin. Namun, jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan, tubuh sulit mencernanya dan dapat menyebabkan perut kembung.

Cokelat dan Permen Karet

Cokelat

Meskipun cokelat lezat dan memiliki manfaat kesehatan, konsumsi berlebihan dapat mengganggu pencernaan karena kandungan kafein dan lemak di dalamnya.

Permen Karet Bebas Gula

Permen karet bebas gula mengandung senyawa bernama sorbitol, yang dapat menyebabkan produksi gas dan sering kentut. Mengunyah permen karet juga dapat menyebabkan udara terperangkap dalam perut dan menyebabkan kembung.

Deretan makanan tersebut sulit dicerna oleh usus dan lambung serta bisa menyebabkan masalah pencernaan. Oleh karena itu, sebaiknya hindari dan kurangi konsumsinya terutama ketika kamu memiliki masalah pencernaan.