Badan Pangan Jual Murah Ayam Rp35 Ribu di Jabodetabek untuk Tekan Harga

Ekonomi1057 views

Inionline.id – Badan Pangan Nasional  (Bapanas) menjual murah daging ayam seharga Rp35 ribu per ekor dengan berat 0,9 kg hingga 1 kg demi meredam kenaikan harga.

Penjualan dilaksanakan melalui program bertajuk Gerakan Pangan Murah (GPM) yang dilakukan di 115 titik di Jabodetabek mulai 18 Juli hingga akhir Juli 2023.

Dalam program ini, Bapanas menyediakan pasokan lebih dari 100 ton daging ayam per harinya. Titik penjualan antara lain pasar tradisional, kantor kelurahan, dan kecamatan, rusun, kios PT CPI dan Japfa, serta lokasi lainnya yang mudah diakses masyarakat.

“Kami bersama supplier daging ayam ras, didukung pemda dan BUMD pangan setempat, menggelar GPM di berbagai titik di Jabodetabek untuk menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan, serta untuk menjaga inflasi Juli sesuai target Bapak Presiden Jokowi,” kata Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi, Selasa (18/7).

Ia mengungkapkan harga daging ayam ras di Jabodetabek cenderung meningkat saat ini. Di beberapa daerah, ayam dijual di atas HAP, yaitu sekitar Rp40 ribu per kg, bahkan lebih tinggi lagi.

Arief menjelaskan upaya stabilisasi pasokan dan harga daging ayam ras dilaksanakan untuk memberi manfaat bagi banyak pihak baik produsen, pedagang, hingga masyarakat.

“Sehingga, tidak hanya dilakukan di pasar tradisional dan ruang publik di Jabodetabek saja, namun juga di outlet-outlet penjualan daging ayam ras milik perusahaan yang tersebar secara nasional dan terus dikawal oleh teman-teman kita dari Satgas Pangan Polri,” ucapnya.