Batalnya RI Menjadi Tuan Rumah World Beach Games 2023 Menjadi Sorotan Media Israel

Internasional157 views

Inionline.id Tak lama setelah gagal menggelar Piala Dunia U-20 Media Israel turut menyoroti isu Indonesia batal menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games 2023 (AWBG).

The Times of Israel dalam pemberitaannya menyoroti pembatalan ini terjadi tiga bulan setelah Indonesia menolak kehadiran timnas Israel di ajang Piala Dunia U-20 lalu.

“Indonesia batal menjadi tuan rumah ajang olahraga global melalui pengumuman mendadak pada Selasa, tiga bulan setelah menolak kedatangan tim Israel di Piala Dunia U-20,” demikian kutipan pemberitaan itu.

Media itu kemudian membahas pernyataan ANOC bahwa pemerintah Indonesia menarik anggaran untuk gelaran AWBG tersebut hanya berselang sekitar sebulan sebelum acara seharusnya digelar.

ANOC pun tak punya pilihan lagi selain membatalkan acara itu karena mereka tak bisa mencari tuan rumah baru di tengah waktu yang terlalu mepet.

“KOI [Komite Olimpiade Indonesia] menyatakan keputusan sudah diambil bahwa bujet tak dikucurkan oleh pemerintah dan sekarang tak ada waktu untuk menggelar pertandingan,” demikian pernyataan ANOC.

Dalam pemberitaan itu, Times of Israel juga menyoroti AWBG seharusnya dihadiri 1.500 atlet dari 100 negara, termasuk Israel.

“Indonesia dan Israel tidak punya hubungan diplomatik dan dukungan terhadap Palestina tinggi di negara dengan populasi Muslim terbesar itu,” bunyi pemberitaan Times of Israel.

“Namun, delegasi-delegasi Israel sebelumnya sudah pernah ke Indonesia untuk acara-acara olahraga dan diplomatik, termasuk empat orang Israel yang berkompetisi di World Cycling Championship di Jakarta pada Februari lalu.”

Times of Israel kemudian menegaskan bahwa sebenarnya, ANOC sama sekali tak membahas isu politik dalam pernyataan soal pembatalan AWBG.

Namun, mereka menekankan masalah ini mulai muncul setelah Indonesia menolak kehadiran timnas Israel di Piala Dunia U-10. Penolakan itu berujung pada pembatalan Indonesia menjadi tuan rumah.

Indonesia memang sudah mengajukan diri sebagai tuan rumah pada 2021. Kepastian menjadi tuan rumah lantas didapat setahun kemudian, tepatnya pertengahan 2022.

Di tengah persiapan mendekati pelaksanaan AWBG 2023, muncul isu mengenai pembatalan Bali sebagai tuan rumah setelah penolakan timnas Israel dalam Piala Dunia U-20.

Rumor tersebut cukup kencang berembus lantaran terdapat atlet-atlet Israel yang sudah mengantongi tiket tampil di AWBG 2023.

Gubernur Bali I Wayan Koster yang menyuarakan penolakan terhadap timnas Israel berlaga di Piala Dunia U-20, menegaskan dirinya konsisten menolak kehadiran kontingen Negeri Zionis itu dalam AWBG 2023.

Isu mengenai kehadiran Israel kemudian mereda setelah tidak ada perwakilan negara tersebut dalam pertemuan Chef de Mission AWBG 2023 yang berlangsung pada akhir April.

Usai permasalahan kedatangan Israel, panitia pelaksana AWBG masih menanti kepastian dana dari pemerintah. Hingga dua bulan sebelum pelaksanaan, panitia belum bisa memulai kegiatan dengan baik karena dukungan dana pemerintah belum cair.

Guna menjawab permasalahan finansial tersebut, Komite Olimpiade Indonesia berencana bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Pada Selasa (4/7) malam, ANOC WBG 2023 dipastikan tidak akan terlaksana di Bali seperti tercantum dalam akun resmi media sosial ANOC World Beach Games.