8 Prodi di Unila Mendapat Akreditasi Internasional FIBAA

Pendidikan957 views

Inionline.id – Sebanyak delapan program studi di Universita Lampung (Unila) mendapat akreditasi internasional dari Foundation for International Business Administration Accreditation (FIBAA). Rinciannya, lima program studi pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan tiga prodi pada Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP).

“Kami sangat bersyukur dan bangga atas pencapaian ini. Hal itu merupakan bukti Unila memiliki kualitas pendidikan yang mumpuni dan diakui secara internasional. Kami berharap ini dapat menjadi motivasi bagi program studi lainnya untuk terus meningkatkan mutu dan kinerja akademiknya,” ujar Kepala Pusat Akreditasi Nasional dan Internasional Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan dan Pelatihan (LP3M) Unila, Priambodo, dikutip dari laman unila.ac.id, Selasa, 4 Juli 2023.

Priambodo mengatakan sertifikat dari lembaga akreditasi Eropa yang berbasis di Swiss itu telah terbit. Predikat akreditasi internasional ini merupakan hasil penilaian dan on site visit dari FIBAA pada Maret 2023.

Program studi yang mendapatkan akreditasi internasional FIBAA, yakni Program Studi S-1 Akuntansi, S-1 Ekonomi Pembangunan, S-1 Manajemen, S-2 Ilmu Akuntansi, S-2 Manajemen dari FEB, serta Program Studi S-1 Ilmu Administrasi Negara, S-1 Ilmu Komunikasi, dan S-1 Ilmu Administrasi Bisnis dari FISIP.

Akreditasi internasional FIBAA merupakan salah satu standar kualitas pendidikan tinggi yang diakui global. Proses akreditasi ini meliputi penilaian dokumen, wawancara dengan berbagai pemangku kepentingan, kunjungan lapangan, dan evaluasi laporan.

Beberapa aspek yang dinilai, antara lain visi, misi, tujuan, kurikulum, proses pembelajaran, fasilitas, sumber daya manusia, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, kerja sama, lulusan, serta dampak sosial.