Jokowi Perintahkan Menteri Segera Stabilkan Harga Daging Ayam yang Mahal

Ekonomi157 views

Inionline.id – Harga daging ayam mahal dan sempat tembus Rp50 ribu per ekor. Harga daging ayam ini hampir dua kali lipat dari harga jual yang biasanya hanya Rp30 ribu per ekor.

Hal ini pun membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) turun tangan untuk mengecek langsung penjualan unggas tersebut. Menurut Jokowi, kenaikan harga ayam dipicu oleh masalah pasokan.

“Yang naik harga tinggi memang daging ayam biasanya di harga Rp30 ribu, Rp32 ribu, ini sudah mencapai Rp50 ribu. Nanti saya cek. Mungkin ada problem di suplainya, di pasokannya,” kata Jokowi saat meninjau Pasar Palmerah, Jakarta, beberapa waktu lalu.

Setelah kunjungan itu, ia pun lantas memerintahkan para menterinya untuk menstabilkan harga pangan yang melonjak. Hal ini agar perekonomian Indonesia bisa tetap tumbuh positif di paruh kedua tahun ini.

Menurutnya, jika harga-harga terus naik, maka inflasi akan kembali melonjak. Pada, saat ini inflasi sudah berhasil dijaga di bawah 4 persen setelah sempat menyentuh 6 persen pada saat pandemi covid-19 lalu.

“Terus jaga inflasi di daerah dan pastikan capaian investasi sesuai target, ini kunci,” ucap Jokowi.

Benar saja, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat harga daging ayam, telur, rokok hingga tiket pesawat yang makin mahal menjadi penyumbang inflasi Juni 2023.

Inflasi bulanan pada Juni memang naik menjadi 0,14 persen (month to month/mtm) dari sebelumnya hanya 0,09 persen pada Mei 2023.

penyumbang utama inflasi bulanan adalah kelompok makanan, minuman, dan tembakau dengan andil 0,10 persen.

Secara rinci, komoditas penyumbang utama inflasi bulanan ini adalah daging ayam ras, tarif angkutan udara, telur ayam ras, tarif kontrak rumah, bawang putih, rokok kretek filter, dan ketimun.

Sedangkan, secara tahunan (year on year/yoy) inflasi Juni tercatat 3,52 persen. Realisasi ini turun dibandingkan Mei sebesar 4 persen (yoy).

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, harga rata-rata daging ayam ras segar turun Rp200 menjadi Rp40.050 per kg per Senin (3/7) kemarin.

Sementara, harga daging ayam termahal berada di Provinsi Sumatera Barat, yakni Rp51.400 per kg. Berturut-turut disusul oleh Provinsi Kalimantan Utara Rp51.250, NTT Rp45.700, dan Banten Rp45.350.

Sedangkan di DKI Jakarta, harga daging ayam ras segar dibanderol Rp42.500 per kg. Lalu, Jawa Barat Rp42.300, Jawa Tengah Rp39.500, DI Yogyakarta Rp40.250, dan Jawa Timur Rp39.450.