Muhadjir Effendy Membenarkan Kabar Status Pandemi Covid-19 Segera Dicabut

Berita157 views

Inionline.id – Kabar status pandemi Covid-19 akan segera dicabut oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dibenarkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Muhadjir mengatakan Jokowi segera mengumumkan keputusan tersebut. Namun, ia tak mengungkap kapan pengumuman resmi itu akan disampaikan.

“Kok tahu? (status pandemi Covid-19 segera dicabut). Segera (diumumkan Jokowi),” kata Muhadjir melalui pesan singkat, Rabu (14/6).

Muhadjir tak menjelaskan lebih lanjut soal rencana dan alasan pencabutan status pandemi Covid-19.

“Secara detail itu jadi wewenang Pak Luhut atau Pak Airlangga,” ujarnya.

Usai rapat di Istana kemarin, Muhadjir sempat menyebut akan ada sejumlah penyesuaian aturan mengenai pandemi Covid-19. Ia berkata akan ada perubahan pada layanan vaksinasi hingga perawatan yang disediakan pemerintah.

Muhadjir berkata Jokowi akan segera mengambil keputusan soal status pandemi Covid-19 akan segera dicabut.

“Segera, tetapi tidak hari ini. Nanti Pak Presiden itu yang akan memutuskan,” ucap Muhadjir usai rapat dengan Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (14/6).

Hal yang sama juga diungkap Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Budi berkata Jokowi sebenarnya telah membuat keputusan tentang status pandemi Covid-19.

Meski begitu, Budi enggan mendahului Jokowi. Ia meminta masyarakat bersabar menunggu pengumuman resmi dari Jokowi.

“Beliau sudah ambil keputusannya, cuma nanti pengumumannya terserah kepada beliau,” ucap Budi di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (13/6).