Koalisi Anies Tak Risau, SBY Sambut Rencana Pertemuan AHY-Puan

Politik257 views

Inionline.id – Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menyambut positif rencana pertemuan antara Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Ketua DPP PDIP Puan Maharani.

SBY menilai pertemuan putra sulungnya dengan anak Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri itu bakal memberikan manfaat.

“Partai Demokrat selalu berpendapat pertemuan yang berangkat dari niat baik, tujuan baik, membahas masalah-masalah bangsa tentu ada gunanya,” kata SBY di Stadion GBK, Minggu (11/6).

“Jadi itu yang dapat saya sampaikan sekarang. Ikuti saja perkembangannya, nanti yang jelas pertemuan niat baik dari mana pun siapa dengan siapa selalu membawa kebaikan terima kasih,” ujarnya menambahkan.

Presiden Ri ke-6 itu menyebut AHY telah menerima ajakan pertemuan dengan Puan yang sebelumnya disampaikan Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto. Ia menambahkan pihaknya juga sudah siap bertemu dan berdialog dengan PDIP.

“Yang saya tahu karena saya tidak menangani langsung sekarang ini, yang saya tahu AHY selaku pemimpin Partai Demokrat merespons ajakan dari Mbak Puan dari PDIP untuk melakukan pertemuan dan berbincang-bincang,” katanya.

Koalisi Anies tak risau

Di sisi lain, Partai NasDem dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengaku tidak merisaukan rencana pertemuan AHY dan Puan. Demokrat bersama NasDem dan PSK telah membentuk Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) untuk mendukung Anies Baswedan.

Wakil Ketua Umum NasDem Ahmad Ali meyakini Demokrat tidak akan keluar dari KPP buntut pertemuan dengan PDIP.

“Ketika kita membangun koalisi, yang kita letakkan itu adalah trust, kepercayaan satu sama lain, kami tetap menaruh kepercayaan penuh kepada partai Demokrat,” kata Ali, Minggu (11/6).

Ali menyebut pertemuan antara politisi ataupun partai politik adalah hal yang baik untuk kepentingan bangsa. Menurutnya, pertemuan Puan dan AHY memang diharapkan terjadi mengingat hubungan kedua partai tersebut tidak harmonis selama ini.

Sementara itu Juru Bicara PKS Muhammad Kholid mengatakan tiap parpol punya kedaulatannya untuk menentukan langkah politiknya masing-masing.

“Tidak masalah. Setiap partai punya kedaulatan dalam menentukan langkah-langkah. Kami hormati keputusan dan sikap Demokrat,” kata Kholid saat dihubungi, Minggu (11/6).

Kholid menilai pertemuan antar parpol merupakan hal baik. Menurutnya, silaturahmi kebangsaan antartokoh dapat menghadirkan suasana politik yang sejuk.

Ia pun tetap yakin dengan kesepakatan koalisi yang telah diteken AHY bersama Presiden PKS Ahmad Syaikhu dan Ketua Umum NasDem Surya Paloh.

“Kami berpegang dengan kesepakatan tertulis yang tertuang dalam piagam koalisi yang ditandatangani oleh Mas AHY, Bang Surya Paloh, dan Pak Ahmad Syaikhu,” ucapnya.

Sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto menyebut ada rencana Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketua Umum Partai Demokrat AHY.

PDIP membuka diri untuk bekerja sama dengan Demokrat dalam pilpres. AHY pun disebut masuk bursa cawapres Ganjar Pranowo.

Hasto pun telah bertemu Sekjen Demokrat Teuku Riefky kemarin. Mereka membahas rencana pertemuan Puan dan AHY. Namun, kedua belah pihak masih enggan membeberkan lebih jauh terkait tanggal pasti rencana pertemuan keduanya.

“Untuk jadwal pertemuan mbak Puan dan Mas AHY, sedang menyesuaikan jadwal keduanya,” ujar Kepala Badan Komunikasi Strategis Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.