Ilmuwan sebut Menemukan Bintang yang Ukurannya 10 Ribu Kali Lebih Besar dari Matahari

Inionline.id – Ruang angkasa selalu menyimpan misteri yang kerap menarik perhatian ilmuwan. Belum lama ini, sejumlah ilmuwan telah menemukan sesuatu yang sangat menarik. Penemuan ini tak lepas dari bantuan teleskop luar angkasa James Webb.

Dengan bantuan teleskop ini, mereka menemukan beberapa bintang paling awal yang pernah terbentuk di alam semesta.

Menariknya, bintang prasejarah ini memiliki skala yang sangat besar. Tak terkira ukurannya bisa mencapai 10 ribu kali lebih besar dari Matahari.

“Berkat data yang dikumpulkan oleh Teleskop Luar Angkasa James-Webb, kami percaya telah menemukan petunjuk pertama tentang keberadaan bintang-bintang luar biasa ini,” kata penulis studi, Corinne Charbonnel, dikutip dari dari Indy100 by The Independent, Kamis (1/6).

Studi yang berhasil terbit dalam jurnal Astronomy & Astrophysics ini juga memperkirakan bahwa bintang-bintang yang mereka lihat itu terbentuk pada waktu yang bersamaan.

Mereka juga melihat bahwa bintang-bintang supermasif ini memiliki inti yang jauh lebih panas dari pada bintang umum yang terlihat saat ini.

Para peneliti menyatakan bahwa jika keberadaan bintang raksasa ini dapat terus diperkuat dengan studi-studi lain masa depan.

Lewat penelitian ini diharapkan dapat membantu manusia untuk memahami lebih lanjut tentang gugusan bintang hingga pembentukan bintang supermasif secara umum.