HP Android Disebut Semakin Gampang Dipakai daripada iPhone

Iptek357 views

Inionline.id – Selama bertahun-tahun, perdebatan mengenai sistem operasi smartphone mana yang lebih baik antara Android atau iOS terus berlangsung.

Meskipun kedua sistem ini memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, namun sebuah studi baru telah menemukan bahwa Android jauh lebih mudah digunakan dibanding dengan iOS.

Studi ini dilakukan oleh GreenSmartphones, tim mereka menganalisis masalah umum yang dihadapi pengguna untuk menentukan sistem operasi mana yang lebih mudah digunakan. Hasilnya, ditemukan bahwa Android 58 persen lebih mudah digunakan daripada iOS.

Penelitian ini menggunakan masalah umum yang dialami pengguna smartphone untuk dianalisis. Masalah yang ditemukan antara lain seperti menyiapkan akun email, mentransfer file, dan menyesuaikan pengaturan.

Selasa (27/6), total ukuran sampel yang digunakan untuk penelitian ini adalah sekitar 584.000 data dengan pembagian 226.000 data dari pengguna Android dan 358.000 dari pengguna iOS. Hasilnya, mereka melihat bahwa Android lebih mudah dipahami dan digunakan.

Beberapa fitur Android yang lebih mudah dibanding iOS salah satunya adalah sistem notifikasi. Notifikasi Android dikelompokkan berdasarkan aplikasi, sehingga pengguna akan lebih mudah melihat notifikasi berdasar aplikasinya. Sebaliknya, notifikasi iOS tidak dikelompokkan, sehingga pengguna akan lebih sulit melihat notifikasi berdasarkan aplikasinya.

Fitur lain yang membuat Android diklaim lebih mudah digunakan adalah tombol kembali. Android memiliki tombol ‘back’ yang memudahkan pengguna untuk berpindah layar dari satu aplikasi ke aplikasi lain.

Tidak hanya dari segi notifikasi dan tombol kembali, Android juga diklaim lebih mudah pakai berkat sistem pengaturan, tema, hingga widget yang lebih beragam dan fleksibel untuk diatur sesuai kebutuhan penggunanya.

Kesimpulannya, menurut Greensmartphones, ada sekitar 226.000 data pencarian bulanan dari pengguna Android yang mencari hal-hal mendasar seperti “bagaimana cara screenshot di Android,” hingga pertanyaan dengan kesulitan menengah.

Namun, untuk iOS, ada sekitar 358.000 pengguna yang menanyakan hal yang sama terkait pengaturan di iOS. Perbedaan sebesar 58,4 persen ini menunjukkan bahwa Android lebih mudah digunakan dibanding iOS.

Ini bukan tentang sistem mana yang lebih baik antara Android atau iOS. Namun, penelitian ini mengungkap tentang sistem mana yang lebih mudah digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna iOS merasa lebih mudah untuk mengambil tangkapan layar.

Namun, pengguna Android merasa lebih mudah untuk melakukan hal-hal lain yang lebih rumit seperti memblokir nomor atau pengaturan ulang ponsel.