Ajak Pelaku UMKM Kecamatan Caringin Bogor Migrasi ke Sistem Pembayaran Online, Kementerian Kominfo Gelar Creative Talk Pojok Literasi Membangun Ekonomi Masyarakat melalui Digitalisasi Keuangan UMKM

Antar Daerah357 views

Bogor, Inionline.Id – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menggelar Creative Talk Pojok Literasi dengan tema Membangun Ekonomi Masyarakat melalui Digitalisasi Keuangan UMKM di Villa Bukit Pinus, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor, Rabu (21/06/2023).

Menurut Septriana Tangkary selaku Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim (IKPM), acara ini digelar dengan tujuan agar masyarakat di daerah Kecamatan Caringin bisa bermigrasi masuk dari sistem penjualan konvensional menuju sistem online berbasis digital.

“Artinya para pelaku UMKM di Kecamatan Caringin bisa berjualan di toko-toko online seperti Lazada, Blibli, Tokopedia, dan yang lainnya,” ujarnya.

Dengan adanya sistem penjualan online diharapkan para pelaku UMKM Kecamatan Caringin bisa meningkat omzet penjualannya.

“Jadi kesempatan kita adalah bagaimana berkolaborasi antara UMKM Kecamatan Caringin dengan teman-teman dari tim Indonesian E-Commerce Association (idEA),” tukasnya.

“Jadi idEA ini merupakan gabungan dari berbagai e-commerce, ada 166 e-commerce memang yang terhubung,  mungkin banyak juga berbagai e-commerce yang baru yang bisa bergabung dengan idEA,” lanjut Septriana.

Menyinggung soal permodalan bagi UMKM, Septriana juga mengatakan bahwa saat ini pemerintah melalui Kementerian Kominfo hadir dalam bentuk program-program unggulan, contohnya pinjaman kepada UMKM hasil gabungan dari Bank Himbara yaitu sebutan untuk empat bank BUMN yaitu Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, serta Bank BRI.

“Sumber dananya dari CSR Bank Himbara yang mencapai angka sekitar 4,4 triliun rupiah, pinjaman ini diberikan kepada masyarakat dan itu sangat mudah prosesnya,” tuturnya.

Septriana melanjutkan, “hanya dalam waktu 15 menit sudah ada pencairan, tinggal bagaimana orang bisa mengakses aplikasi pinjaman ini melalui e-commerce seperti Lazada, Tokopedia, Blibli, kemudian Shopee, dan yang lainnya.”

Kemudian Septriana mengajak kepada para pelaku UMKM di Kabupaten Bogor, khususnya Kecamatan Caringin, bisa mendaftar kepada LKPP.

“Harapan kami dengan bantuan ini akan mempermudah penjualan dan peningkatan taraf hidup UMKM yang ada di seluruh Kabupaten Bogor ini,” pungkas Septriana.

Camat Caringin, Endi Rismawan, berharap kehadiran Kementerian Kominfo di wilayahnya mampu memberikan pengetahuan baru bagi masyarakat terkait penjualan online dengan sistem digital.

“Harapan kami, setelah evaluasi karena ada 12 desa di Kecamatan Caringin semoga program serupa dari Kementerian Kominfo ini bisa berlanjut ke desa-desa lainnya di Caringin,” tutup Endi. (JC)