Resep Ketupat Ricecooker dan Tips agar Hasilnya Lembut dan Padat

Inionline.id – Apa makanan yang wajib ada di dapur saat Lebaran? Selain opor ayam dan sambal goreng ati, tentu ketupat tak boleh ketinggalan. Kini, Anda bisa membuat ketupat tanpa terlalu ribet dengan menggunakan ricecooker. Resep ketupat ricecooker bisa Anda lihat di bawah ini.

Pembuatan ketupat biasanya melibatkan proses yang lama dan usaha yang tidak kecil. Namun, sekarang memasak ketupat menggunakan ricecooker telah menjadi tren baru yang banyak dicoba dan banyak mendatangkan pengalaman baik.

Cara Membuat Ketupat Ricecooker

Ilustrasi ketupat lebaran (Foto: shutterstock)

Untuk membuat ketupat dengan ricecooker, Anda memerlukan sedikitnya 1 liter beras, dan 10 buah selongsong ketupat siap pakai. Takaran ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang Anda miliki.

Langkah-langkah membuatnya antara lain adalah sebagai berikut.

  • Rendam beras selama 30 menit, kemudian buang rendaman beras. Cuci dengan air mengalir, lalu tiriskan.
  • Tuang beras yang sudah dicuci ke dalam selongsong ketupat. Isi 2/3 bagian saja, agar ketika mengembang tidak sampai meluap dan tepat memenuhi bagian selongsong ketupat.
  • Siapkan pan ricecooker, kemudian masukkan ketupat dan tuang air sampai ketupat terendam seluruhnya.
  • Atur ricecooker ke dalam mode cook atau masak, biarkan ketupat sampai matang.
  • Memasak ketupat dengan ricecooker, kira-kira butuh waktu tiga jam.

Resep ketupat ricecooker di atas cukup mudah, kan? Dengan cara ini, Anda bisa membuat relatif cepat, mudah, dan tanpa mengeluh kelelahan.

Tips Simpel saat Membuat Ketupat

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan saat membuat resep ketupat ricecooker, antara lain:
  • Gunakan beras lokal. Sebab, beras jenis ini akan menghasilkan ketupat yang pulen dan penuh
  • Rendam beras terlebih dahulu sebelum di masak. Pastikan beras terendam sempurna sehingga nantinya ketupat mengembang sempurna
  • Jika ingin menggunakan beras pulen, isinya adalah 2/3 selongsong ketupat. Jika menggunakan beras pera, isinya adalah 1/3 bagian ketupat yang digunakan

Menyiapkan makanan dan sajian ketupat bersama seluruh sayur dan lauk memang menjadi rutinitas yang seru untuk menyambut lebaran. Tentu saja, hal ini juga bisa menjadi kegiatan bersama yang hangat, dan menyatukan anggota keluarga.

Itu tadi sekilas mengenai resep ketupat ricecooker yang bisa dibagikan dalam artikel ini. Selamat mencoba!