Iran akan Membeli Pesawat Tempur Sukhoi Su-35 dari Rusia

Internasional057 views

Inionline.id – Iran telah mencapai kesepakatan dengan Rusia untuk pembelian pesawat tempur Su-35 menurut pernyataan media Iran pada Sabtu (11/3). Kesepakatan ini membuat kedua negara makin mesra usai penggunaan drone buatan Iran oleh Rusia di perang dengan Ukraina.

“Pesawat tempur Sukhoi-35 secara teknis diterima untuk Iran dan Iran telah memfinalisasi kontrak pembelian,” ucap penyiar IRIB seperti diberitakan Reuters.

Informasi dari media Iran itu tak menjelaskan tentang konfirmasi Rusia soal pembelian. Iran juga dikatakan sedang berupaya membeli pesawat militer dari negara lain tetapi tak diungkap namanya.

Presiden Rusia Vladimir Putin telah bertemu Pemimpin Tertinggi Iran Ayatollah Ali Khamenei di Tehren pada Juli 2022. Hal ini telah meningkatakan tekanan bagi negara barat yang membela Ukraina.

Iran telah diketahui memberikan drone untuk Rusia tetapi hal ini dikatakan sudah dilakukan sebelum serangan Rusia ke Ukraina pada Februari 2022.

Rusia membantah pasukannya menggunakan drone buatan Rusia kendati sebagian sudah ditembak jatuh dan ditemukan.

Angkatan Udara Iran saat ini cuma memiliki lusinan pesaat tempur, milik Rusia dan Amerika Serikat yang cukup berumur. Kebanyakan unit didapat sebelum revolusi Iran pada 1979.

Pada 2018 Iran mengatakan telah memulai produksi pesasat Kowsar secara lokal untuk angkatan udara. Beberapa ahli percaya Kowsar adalah jiplakan F-5 yang pertama kali diproduksi AS pada 1960.