Usai Gempa Dahsyat Polisi Turki Menangkap 47 Penjarah

Internasional057 views

Inionline.id – Polisi Turki menangkap sedikitnya 47 penjarah di Kota Antakya, Provinsi Hatay pada Sabtu (11/2) usai gempa dahsyat di Turki dan Suriah.

Para penjarah ini disebut memanfaatkan situasi kacau akibat gempa di Turki dan Suriah.

Mereka menghancurkan jendela toko-toko dengan palu dan merampas barang berharga di toko tersebut termasuk telepon seluler.

Polisi mendapati sejumlah uang, telepon seluler, komputer, senjata, perhiasan, hingga kartu bank di tangan para pelaku penjarahan yang berhasil ditangkap.

Para penjaga toko dan petugas keamanan terus berjaga-jaga di pasar tradisional tersebut untuk memburu siapapun yang dicurigai sebagai penjarah. Kota kuno Antakya tersebut relatif sepi usai guncangan dahsyat di Turki.

Banyak para pemilik toko yang sempat meninggalkan toko mereka karena takut gempa susulan parah mengguncang daerah tersebut. Namun, situasi ini justru dimanfaatkan para penjarah untuk merampas barang-barang berharga di toko-toko itu.

Para penjarah ini menyisir setiap toko elektronik dan pakaian. Bahkan empat mesin ATM hancur dan seluruh uang sudah raib digondol para penjarah.

Di sejumlah toko telepon seluler tak ada satu pun gawai yang didagangkan tersisa akibat penjarahan. Sementara di toko-toko pakaian hanya tersisa manekin tanpa pakaian yang bergeletakan di luar toko.

Salah satu warga Provinsi Hatay, Aylin Kabasakal, bahkan meluapkan rasa frustrasi akibat penjarahan yang terjadi di daerahnya.

“Kami menjaga rumah kami, mobil kami. Para penjarah itu juga menjarah rumah-rumah kami. Tak ada yang bisa kami katakan lagi. Kami hancur, kami terguncang. Apa yang kami lalu saat ini merupakan mimpi buruk,” ujar Kabasakal kepada AFP.

“Aparat berwenang harus melindungi rumah kami juga,” tuturnya lagi.