Sains Ungkapkan Unsur Penting Lagu-lagu Pop Bisa Jadi Hits di Dunia

Iptek857 views

Inionline.id – Seorang psikolog musik di University of Sheffield, Michael Bonshor mengukapkan bahwa ada beberapa hal yang mempengaruhi sebuah lagu agar menjadi ceria.

Sebuah lagu dapat dikatakan sempurna untuk acuan skor bahagia apabila dalam sebuah lagu itu memuat unsur kunci utama, 137 ketukan per menit, empat ketukan di setiap bar, struktur bait-chorus-bait-chorus klasik dan perubahan kunci chord untuk menambahkan sedikit kegembiraan.

“Studi sebelumnya telah mengungkapkan bahwa sebuah lagu dianggap bahagia jika berada di kunci utama, dengan sweet spot sekitar 137 detak per menit,” jelas Bonshor dikutip dariĀ Metro UK, Kamis (23/2).

Berdasarkan acuan skor tersebut, lagu pop pertama yang masuk dalam kategori paling bahagia adalah lagu musim panas dari The Beach Boys yaitu Good Vibrations yang rilis pada tahun 1966.

Di urutan selanjutnya ada I Got You (I Feel Good) yang dinyanyikan oleh James Brown diikuti oleh House Of Fun oleh Madness yang menempati posisi ketiga.

Kemudian lagu dari era modern pop yaitu Get The Party Started yang didendangkan oleh P!nk pada tahun 2007, diikuti Billy Joel yang menempati urutan kelima dengan lagunya Uptown Girl.

Di posisi keenam dan ketujuh ada Bob Marley dengan judul lagu Sun Is Shining dan The Beach Boys dengan lagunya I Get Around.

Tiga tempat terakhir ditempati oleh YMCA dari Village People, Abba dengan lagunya Waterloo, dan juga Earth, Wind & Fire dari September.

Masih terkait lagu yang bahagia, ada sebuah survei mengungkapkan bahwa dari 2.000 orang dewasa, 32 persen beralih ke musik setiap hari untuk meningkatkan suasana hati mereka, dan rata-rata orang memiliki playlist berisi 8 lagu bahagia saat bepergian, dan hampir setengahnya atau 46 persen mengatakan ikut bernyanyi mengikuti lagu favorit mereka. Cara itu merupakan langkah bagus untuk meningkatkan suasana hati.