Berikut ini 7 Masalah yang Bisa Muncul Akibat Terlalu Banyak Konsumsi Makanan Pedas

Kesehatan557 views

Inionline.id – Rasa pedas di makanan merupakan suatu hal yang disukai oleh banyak orang Indonesia. Hal ini menyebabkan cabai menjadi salah satu bahan makanan yang sangat banyak digunakan.

Pada saat ini, beberapa makanan tak hanya memiliki rasa yang pedas saja namun sudah jadi sangat pedas. Rasa pedas dari cabai ini memiliki sejumlah manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya.

Sayangnya, pada sejumlah makanan yang memiliki rasa pedas ini, terdapat dampak buruk ketika mengonsumsinya secara berlebihan. Sejumlah gejala bisa muncul ketika seseorang mengonsumsi cabai atau makanan pedas ini secara berlebih.

“Sebagian besar dari kita menikmati makanan pedas tanpa tahu dampak dan efek sampingnya,” terang dr. Achana Batra, nutrisionis dan fisioterapis, dilansir dari Health Shots.

“Makan terlalu banyak cabai bisa membuat makanan kita menjadi pedas dan panas bisa menyebabkan terjadinya heartburn dan masalah pencernaan. Tak hanya itu, hal ini juga bisa menyebabkan masalah kesehatan serius,” sambungnya.

Sejumlah dampak kesehatan bisa muncul akibat makanan pedas ini, baik yang kamu sadari maupun yang tidak. Dilansir dari Healthshots, berikut sejumlah gejala yang bisa muncul akibat konsumsi makanan pedas ini.

1. Sakit Maag

Mengonsumsi terlalu banyak cabai atau makanan pedas bisa menyebabkan masalah sakit maag. Jika berlarut-larut, hal ini bisa berdampak fatal pada seseorang.

“Kandungan aflatoksin yang ada di cabai merah bisa meningkatkan risiko sakit maag, sirosis hati, dan bahkan kanker usus pada sejumlah kasus,” terang dr. Batra.

Masalah Pencernan Serta Mual dan Muntah

2. Masalah Pencernaan

Cabai memiliki kandungan capsaicin yang bisa menyebabkan iritasi di sistem pencernaan serta menyebabkan sejumlah masalah seperti heartburn, refluks asam, tinja cair, perut bergas, serta hilangnya selera makan. Masalah pencernaan ini sangat umum dialami oleh seseorang ketika terlalu sering konsumsi makanan pedas.

3. Mual dan Muntah

Mengonsumsi cabai secara berlebihan bisa memiliki dampak buruk bagi perut. Hal ini bisa menyebabkan munculnya diare, sakit perut, kliyengan, mual, dan muntah.

Munculnya Stres dan Ruam

4. Meningkatkan Stres

Selain masalah pencernaan, siapa sangka bahwa konsumsi makanan pedas ini bisa menyebabkan masalah mental.

“Ketika dikonsumsi berlebihan, rasa pedas bisa menyebabkan tubuh melepaskan endorfin, hormon yang dilepaskan tubuh saat merasakan sakit atau stres,” terang dr. Batra.

5. Munculnya Ruam

Konsumsi makanan pedas atau cabai bisa menyebabkan kesulitan napas, masalah mulut, serta memicu muntah tak terkendali. Lebih lanjut, hal ini juga bisa berujung munculnya ruam atau iritasi mulut yang bisa menyebarkan infeksi.

Keringat Berlebih dan Iritasi Bibir

6. Keringat Berlebih

Konsumsi makanan pedas bisa memunculkan keringat di bibir bagian atas, keluar air mata, serta mulut terasa terbakar. Selain itu, banyak mengonsumsi makanan pedas bisa membuatmu menjadi berkeringat secara berlebihan.

7. Iritasi Bibir

Rasa panas dan terbakar di mulut dan bibir merupakan salah satu efek samping dari terlalu banyak konsumsi makanan pedas. Masalah ini bahkan bisa muncul ketika seseorang mengonsumsi makanan pedas dalam jumlah sedikit.

Sejumlah dampak tersebut bisa dialami seseorang terutama ketika mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Mengingat sejumlah hal tersebut bisa muncul, penting untuk mengonsumsi makanan pedas ini dalam jumlah yang tepat dan tidak terlalu banyak.