Berikut Ini 4 Manfaat Kopi untuk Mengatasi Beragam Masalah Rambut

Kesehatan157 views

Inionline.id – Kopi menjadi salah satu bahan yang hampir dimanfaatkan setiap hari. Dari digunakan sebagai minuman penggugah semangat saat pagi hari sampai pengusir kantuk di tengah-tengah kerja. Hanya saja, kebanyakan orang tahunya kopi ini sebagai minuman saja.

Padahal, ada banyak manfaat kopi lainnya yang juga penting diketahui. Salah satunya untuk merawat rambut agar senantiasa terjaga kesehatannya. Makanya, biar tidak penasaran, berikut ini beberapa manfaat kopi untuk kesehatan rambut.

Rambut Menjadi Lebih Harum

Manfaat dari kopi yang pertama untuk rambut adalah dapat menjadikannya lebih harum. Seperti diketahui, selepas beraktivitas seharian, tubuh termasuk kulit kepala biasanya mudah berkeringat, sehingga bikin rambut lepek dan menimbulkan bau tak sedap.

Supaya rambut kembali harum, cobalah manfaatkan kopi murni saat keramas. Aroma kopi yang khas ini dapat menimbulkan bau wangi tersendiri. Ini karena di dalam kopi terkandung senyawa 2-furfurylthiol yang bisa membuat aromanya lebih sedap. Hasilnya, bau apek di kulit kepala pun dapat berganti harum yang menyenangkan selepas keramas dengan campuran serbuk kopi.

Bikin Warna Rambut Lebih Hitam

Ketika rambut terlihat kusam atau bahkan beruban, beberapa orang biasanya mengatasinya dengan mewarnai rambut. Hanya saja, penggunaan pewarna rambut yang kurang tepat biasanya dapat membuat rambut kering dan rusak. Walau dapat membuat rambut hitam berkilau, rambut kadang justru lebih mudah kusut.

Namun, lain ceritanya jika menggunakan kopi. Bukan saja dapat dimanfaatkan untuk mewarnai rambut, tetapi juga dapat membuat rambut jadi rapuh dan sulit diatur. Mengingat kopi ini termasuk bahan alami, hasil pewarnaannya biasanya tidak permanen. Akan tetapi hal tersebut bisa diakali dengan melakukannya beberapa kali.

Dapat Diandalkan untuk Mengatasi Ketombe

Lebih lanjut, kopi juga dikenal sebagai bahan untuk eksfoliasi. Kopi dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati. Menariknya, manfaat kopi satu ini dapat diaplikasikan juga di kulit kepala untuk mengatasi ketombe. Aplikasikan saat keramas, sehingga dapat membantu mengangkat ketombe yang sulit terangkat.

Selama kulit kepala ditaburi serbuk kopi, pijatlah kulit kepala pelan-pelan. Tujuannya, agar lebih banyak ketombe yang terangkat. Habis itu, pastikan untuk membilasnya sampai bersih, agar serbuk kopi yang tersisa tak mengotori rambut dan kulit kepala.

Membuat Rambut Rontok Berkurang

Kopi mengandung senyawa bernama kafein yang diketahui dapat mengatasi kerontokan rambut. Senyawa aktif tersebut dapat memengaruhi folikel rambut dengan merangsang pemanjangan batang rambut. Kafein ini juga dapat membantu bikin rambut jadi lebih kuat dan menjaga kesehatan kulit kepala.

Tak heran banyak produk perawatan rambut, seperti sampo yang menggunakan kopi sebagai salah satu bahan alaminya. Sementara untuk pengaplikasian sehari-hari di rumah, bisa langsung ditaburkan di kulit kepala atau dicampurkan dengan sampo saat keramas.

Pemanfaatkan kopi untuk merawat rambut ini sebenarnya tak harus selalu dengan menaburkan serbuknya langsung di atas kepala. Malah seringnya diseduh dulu, baru setelah dingin air kopi ini dijadikan bilasan setelah keramas.

Diamkan beberapa saat dengan menggunakan showercap, agar tak sampai terkena ke mata. Baru kemudian, bilas dengan air sampai bersih. Mengingat kopi ini termasuk bahan alami, maka pemanfaatannya bisa dilakukan selama beberapa kali atau secara rutin. Baru setelah itu bisa mengetahui hasilnya.