PPP Menganggap Nomor Urut Terakhir di Pemilu 2024 Bikin Gampang Kampanye

Politik157 views

Inionline.id – Wakil Ketua Umum PPP Arsul Sani mengaku bersyukur partainya mendapatkan nomor urut 17 pada Pemilu 2024 mendatang. Arsul meyakini nomor urut paling buncit itu justru mempermudah kampanye partai berlambang kabah.

“Ini akan memudahkan kami untuk melakukan sosialisasi kenapa memudahkan? Karena berarti posisi PPP dalam surat suara adalah partai paling terakhir. Kedua sosialisasi sehari-harinya gampang karena bisa diasosiasikan dengan salat 17 rakaat, hari kemerdekaan 17 Agustus, Nuzulul Quran 17 Ramadan. Jadi kita terus terang bersyukur dengan nomor 17 itu,” kata Arsul di kantor KPU Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (14/12) malam.

Selain bersyukur, Arsul mengatakan, angka 17 itu menjadi peruntungan baru PPP di Pemilu 2024. Sebab menurut Arsul, pada Pemilu 2019 yang mendapat nomor urut 10, PPP tak beruntung dalam perolehan jumlah kursi di parlemen.

“Kami dengan nomor 10 itu tidak beruntung. Maka kami harus mencoba peruntungan yang baru. Kan enggak beruntung, jadi cari peruntungan yang baru,” ujar dia.

Pengundian Nomor Urut Parpol Sesuai Harapan PPP

Dia menyebut pengundian nomor urut partai politik peserta Pemilu kali ini sesuai harapan PPP. Sebab PPP mampu mendapatkan nomor urut baru di kontestasi demokrasi pada 2024 mendatang.

“Sesuai keinginan, kami memang ingin nomor terakhir saja. Daripada nomor di tengah,” ucap dia.

Wakil Ketua MPR itu mengaku tak menyesal partainya mendapat nomor urut paling akhir. Menurutnya, para pemilih akan membuka seluruh surat suara, sehingga partainya tak merasa khawatir jika tidak dilihat oleh para pemilih.

“Kartu suara itu kalau dibuka lipatannya kelihatan semua. Terbuka semua, nanti sama pemilih dilipat lagi. Tapi dibuka semua,” kata dia.

Untuk diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan partai politik peserta Pemilu 2024. Terdapat 17 partai politik yang lolos dan dapat mengikuti kontestasi demokrasi di 2024 mendatang.

Setelah itu, KPU melakukan pengundian nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024. Partai politik yang berada di Parlemen mendapatkan dua opsi yakni, dapat menggunakan nomor urut pada Pemilu 2019 atau mengundinya kembali.
Sementara untuk partai nonparlemen atau partai baru harus melakukan pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2024.

Berikut daftar nomor urut partai politik peserta Pemilu 2024:

PKB nomor urut 01
Partai Gerindra nomor urut 02
PDI Perjuangan nomor urut 03
Partai Golkar nomor urut 04
Partai NasDem nomor urut 05
Partai Buruh nomor urut 06
Partai Gelora nomor urut 07
PKS nomor urut 08
PKN nomor urut 09
Partai Hanura nomor urut 10
Partai Garuda nomor urut 11
PAN nomor urut 12
PBB nomor urut 13
Partai Demokrat nomor urut 14
PSI nomor urut 15
Partai Perindo nomor urut 16
PPP nomor urut 17

Berikut daftar Partai Lokal Aceh, sebagai berikut:

Partai Nangroe Aceh nomor urut 18
Partai Generasi Atjeh Beusaboh Tha’at Dan Taqwa nomor urut 19
Partai Darul Aceh nomor urut 20
Partai Aceh nomor urut 21
PAS Aceh nomor urut 22
Partai SIRA nomor urut 23