Program Buku Ibu Pertiwi Membangun Karakter Profil Pelajar Pancasila Sejak SD

Pendidikan357 views

Inionline.id – Mentari Group menggandeng ASTA Ilmu Publishing menghadirkan program pembelajaran dalam bentuk buku kepada siswa kelas I-VI SD di seluruh Indonesia. Progam buku pembelajaran ini diberi nama Ibu Pertiwi.

“Ibu Pertiwi merupakan program buku pembelajaran untuk kelas I-VI SD yang disusun khusus untuk membangun karakter bangsa berdasarkan nilai-nilai Pancasila dengan metode pembelajaran pendekatan bercerita (story telling) dan saintifik,” ujar Founder dan CEO Mentari Group, Anna Rimba Phoa, secara daring, Selasa, 8 November 2022.

Dia menyebut program Ibu Pertiwi telah digunakan berbagai sekolah di Indonesia dalam upaya membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi Indonesia Emas 2045. Pihaknya berharap siswa lebih tangguh menghadapi dinamika perubahan di masa depan.

Anna menuturkan kekuatan program ini akan disempurnakan lagi lewat Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi 2023. Jambore Nasional Ibu Pertiwi dirancang untuk menjadi wadah bagi siswa sekolah dasar bersosialisasi, berkreasi, dan berprestasi sesuai pengamalan profil Pelajar Pancasila yang telah dipelajari pada proses belajar menggunakan Ibu Pertiwi.

“Ibu Pertiwi ingin lebih jauh lagi mendukung anak-anak di sekolah dasar dengan menghadirkan kegiatan kreatif melalui Jambore 2023,” papar dia.

Pelatih Jambore Nasional Ibu Pertiwi, Kurnia Setiawan, mengatakan kegiatan Jambore merupakan wujud nyata dari penerapan Pancasila dalam kehidupan siswa setiap hari. Dia yakin amalan pelajar Pancasila lebih nyata lewat Jambore.

“Pancasila merupakan konsensus, di mana melalui pendidikan penerapannya akan sangat powerful. Seperti yang disampaikan oleh Presiden Jokowi yang mengatakan perlunya kreativitas dan kolaborasi banyak pihak dalam menginplementasikan pendidikan karakter berdasarkan Profil Pelajar Pancasila ini,” ucap Kurnia.

Kurnia menjelaskan dalam Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi, peserta akan diajak mengaktualisasikan karakter bangsa berlandaskan Pancasila melalui kegiatan pameran, aktivitas bermain, bercerita, dan presentasi. Sehingga akan terbangun suasana pembelajaran komprehensif, integratif, dan aplikatif.

Melalui kegiatan ini, nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila ditanamkan dengan cara kreatif dan menarik sehingga nilai-nilai tersebut dapat dihidupi lebih mendalam. Jambore diharapkan mampu memaksimalkan pembelajaran dan pengembangan karakter peserta didik dengan memanfaatkan fitur-fitur dalam buku Ibu Pertiwi.

Rangkaian kegiatan diawali dengan sesi sosialisasi persiapan Jambore pada Selasa, 8 November 2022 secara daring, dilanjutkan dengan lomba proyek kreatif untuk siswa pada Januari hingga Maret 2023. Puncak Jambore Nasional bersama Ibu Pertiwi digelar 3 Juni 2023 dengan diikuti siswa dari 50 sekolah pengguna Ibu Pertiwi di Indonesia.